detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 26 Feb 2021 09:30 WIB

Vaksinasi COVID-19 untuk Atlet Mulai Berlangsung Pagi Ini

Mercy Raya - detikSport
Vaksinasi COVID-19 buat Atlet di Istora Senayan, Jumat (26/2). Vaksinasi COVID-19 untuk Atlet Berlangsung Pagi Ini. Foto: Mercy Raya/detikcom
Jakarta -

Kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk atlet mulai berlangsung Jumat (26/2/2020) pagi. Sejumlah atlet cabang olahraga (cabor) mulai dari bulutangkis, atletik, hingga sepakbola telah hadir.

Vaksinasi berlangsung di Istora Senayan mulai pukul 08.00 WIB. Mereka yang telah hadir lebih dulu mendaftar ulang di ruang terbuka Istora. Setelah itu mereka akan melewati screening awal sebelum akhirnya divaksinasi.

Nurhidayat Haji Haris, salah satu pemain Timnas U-22, mengaku takut dengan jarum suntik tapi ia berusaha santai demi kesehatan. Mengenakan kaos berkerah oranye, ia berkumpul bersama rekan-rekannya yang lain.

"Iya ini kita masih tunggu dulu," kata Nurhidayat kepada pewarta.

"Sebenarnya saya takut suntik tapi demi kesehatan ya tidak apa-apa," sambungnya.

Dari pantauan detik.com, sejumlah atlet datang bergiliran ke lokasi vaksinasi COVID-19. Kegiatan itu juga dihadiri oleh sekumlah pejabat penting. Mulai dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menpora Zainudin Amali, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Kegiatan vaksinasi diikuti 820 atlet, pelatih, dan tenaga pendukung dari 40 cabang olahraga. Mereka ialah cabor yang prioritas untuk mengikuti turnamen internasional dalam waktu dekat, termasuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 23 Juli-8 Agustus.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengatakan alasan pemilihan Istora untuk vaksinasi COVID-19 buat atlet dikarenakan area lokasi yang luas sehingga physical distancing tetap bisa dilakukan.

"Tempatnya akan kita lakukan di Istora Senayan, karena peserta banyak kita masih pandemi. Kita harus tetap jaga protokol kesehatan seperti physical distancing, sehingga nanti tidak menimbulkan desak-desakan," Amali menjelaskan.

"Tahap selanjutnya bagi atlet pelatih dan tenaga pendukung cabor itu kalau masih ada, kemudian divaksin tahap berikutnya, rencananya akan kita jangkau sampai mereka yang ikut PON yang ada di Provinsi-Provinsi," jelasnya.

Simak Video: Vaksinasi COVID-19 untuk Atlet Mulai Berlangsung Pagi Ini

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com