detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 12 Apr 2021 22:07 WIB

Triyatno dkk Berangkat ke Tashkent Pekan Ini, PABSI Titip Pesan

Mohammad Resha Pratama - detikSport
PB PABSI Lepas Tujuh Atlet ke Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021 di Tashkent, Uzbekistan, Senin (12/4/2021) PB PABSI lepas tujuh atletnya ke Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021 (dok.PB PABSI)
Jakarta -

PB PABSI secara resmi melepas tujuh atletnya ke Kejuaraan Asia pekan ini. Mereka pun menitip pesan kepada Triyatno dkk. Apa itu?

Kejuaraan Angkat Besi Asia dihelat di Tashkent, Uzbekistan, 18-25 April mendatang, sekaligus kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo. Indonesia mengirimkan tujuh wakil, meski tanpa kehadiran lifter andalannya Eko Yuli Irawan.

Dari putri ada Windy Cantika Aisyah (49 kg), Juliana Klarisa (55), dan Nurul Akmal (87) di bagian putri. Sedangkan di bagian putra ada Mohammad Yasin (67 kg), Triyatno (67), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg) dan Muhammad Zul Ilmi (89 kg).

Para lifter ditargetkan untuk meraih poin agar lolos ke Olimpiade Tokyo 2021 mendatang. Para lifter yang ditargetkan lolos adalah, Windy Cantika Aisah dan Nurul Akmal di bagian putri, sedangkan di bagian putra, Rahmat Erwin Abdullah.

Rombongan lifter Indonesia bertolak menuju Tashkent Rabu(14/4) malam WIB besok, yang dipimpin manajer Pura Darmawan, empat pelatih, dan satu ofisial.

Wakil Ketua Umum PB PABSI, Djoko Pramono, berharap para lifter bisa memenuhi target poin Olimpiade. Dia yakin Windy, Nurul, dan Rahmat bisa lolos dengan membawa medali.

"Kami berharap mereka mampu menambah kuota lifter yang lolos ke Olimpiade di kejuaraan ini. Selain membawa pulang medali, " ungkap Djoko dalam rilis kepada detikSport.

Dia yakin karena melihat perkembangan tes yang digelar setiap bulannya. Hasil angkatan para lifter dinilai mampu bersaing di tingkat Asia.

"Olahraga angkat besi merupakan olahraga terukur. Kami tidak mau memberikan target muluk-muluk. Catatan hasil latihan mereka yang menjadi tolok ukur bagi kami, " sambungnya.

Sementara itu, salah satu lifter yang berpeluang meraih tiket Olimpiade di kelas 73 Kg, Rahmat Erwin Abdullah, bakal berupaya keras mempertahankan posisinya di 18 besar dunia.

"Saya berupaya untuk menambah total angkatan snatch dari 147 kg dan clean and jerk seberat 187 kg pada kejuaraan nanti agar bisa mempertahankan peluang lolos ke Tokyo," papar Rahmat.

Meski begitu, Rahmat yang juga putra dari lifter kawakan Erwin Abdullah itu tetap mewaspadai pesaingnya dari China dan Jepang.

"Insya Allah saya mampu mengatasi mereka dan pulang membawa medali," tandasnya.

Simak juga 'Saat Angkat Besi Kembali Sumbang Emas SEA Games 2019':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com