Surfer RI Rio Waida Pijak 16 Besar di Meksiko, Ungguli Atlet Brasil

Mercy Raya - Sport
Kamis, 12 Agu 2021 09:08 WIB
ICHINOMIYA, JAPAN - JULY 25: Rio Waida of Team Indonesia performs an aerial maneuver during the Mens Round 1 heat on day two of the Tokyo 2020 Olympic Games at Tsurigasaki Surfing Beach on July 25, 2021 in Ichinomiya, Chiba, Japan. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Rio Waida (Getty Images)
Jakarta -

Surfer Indonesia Rio Waida lolos ke 16 besar Corona Open Meksiko 2021, usai berhasil mengungguli peselancar Brasil Filipe Toledo. Rio mengemas total 11.33 poin.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Barra de La Cruz, Meksiko, Rabu (11/8) waktu setempat, Rio Waida bertanding menghadapi Toledo di babak 32 besar dengan menggunakan sistem man-on-man.

Dalam pertandingan itu, peselancar berusia 21 tahun itu mendapatkan total 11.31 poin dari dua ombak terbaik yang masing-masing diganjar 5.83 poin dan 5.50 poin.

Sedangkan Toledo hanya mengemas total 10.23 poin yang didapat dari dua ombak kedua dan ketiga 2.23 poin dan 8.00 poin.

Kemenangan itu, mengantarkan Olimpian Tokyo 2020 tersebut meraih tiket 16 besar di turnamen yang merupakan seri ketujuh rangkaian World Surf League (WSL).

Di babak 16 besar, para peselancar yang lolos dibagi menjadi delapan heat. Rio Waida akan tampil di heat kelima pada Kamis (12/8) malam WIB. Ia akan menghadapi peselancar Australia Jack Robinson. Menukil heat to heat WSL, keduanya tercatat belum pernah berjumpa.

Namun, Robinson difavoritkan menang jika menilik dari rata-rata skor heat yang ia catatkan lebih unggul dari Rio.

Robinson memiliki rata-rata skor 13.83 poin dan 7.50 poin untuk ombak terbaik. Sedangkan Rio hanya 10.52 poin. Bahkan, skor heat Rio juga terpaut jauh. Rio hanya mencetak 11.33 poin dan 5.83 untuk skor ombak terbaik.

Pelatih surfing Indonesia, Tipi Jabrik, mengatakan peluang Rio masih terbuka. Ia berharap atletnya bisa tetap fokus.

"Untuk peluang 50-50 tinggal fokus saja nanti saat pertandingannya dan pemilihan ombak (yang bagus)," kata Tipi kepada detikSport, Kamis (12/8/2021).

Sementara itu, Rio sebelumnya tak menyangka bisa memenangkan duel man-on-man menghadapi peselancar Brasil di babak 32 besar.

"Saya gemetaran sekarang, saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, karena saya berselancar sebaik yang saya bisa. Saya pikir saya hanya beruntung bisa mengalahkan Filipe (Toledo)," ujar Rio, dalam siaran langsung di saluran YouTube World Surf League seperti dikutip dari Antara.

"Dia (Toledo) punya skor yang baik tapi dia tidak punya back up skor, saya tidak tahu. Menurut saya, Tuhan menyelamatkan saya," ujarnya.

(mcy/aff)