Keren! Susi Susanti, Lifter Kuningan Pecahkan Rekor Asia di PON

Bima Bagaskara - Sport
Selasa, 12 Okt 2021 19:30 WIB
Lifter Susi Susanti Asal Jawa Barat  telah memecahkan Rekor Asia Angkatan Dead Lift dari Cina TPE Chou Yi Ju Angkatan dari 192.5 Kg Menjadi 197.5 KG pada PON XX Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih , Abepura KOta Jayapura. Senin (11-10-2021)
Susi Susanti, lifter asal Kuningan yang pecahkan rekor Asia di PON XX Papua. (Foto: dok.PON Papua)
Kuningan -

Rekor Asia berhasil terpecahkan di cabor angkat berat PON XX Papua. Susi Susanti, lifter asal Kuningan, yang berhasil memecahkan rekor Asia tersebut.

Bertanding di kelas 52 kg putri, Susi berhasil meraih medali emas untuk kontingen Jawa Barat. Dilansir dari laman ponxx2021papua.com, Susi memecahkan rekor Asia pada angkatan deadlift dengan total angkatan 197,5 kg. Sebelumnya rekor di kelas tersebut dipegang oleh lifter Cina Taipei Chao Yin Jo di angkatan 192,5 kg.

"Ya betul Susi berhasil memecahkan rekor Asia di kelas 52 kg putri. Dia warga Pagundan, Kecamatan Lebakwangi," ucap Toto Toharudin Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya Susi yang kini berusia 28 tahun itu sehari-hari bekerja sebagai THL (Tenaga Harian Lepas) di Disporapar. Meski Susi mempunyai keterbatasan, Toto mengaku sangat bangga atas apa yang diraih Susi.

Ia pun berharap prestasi yang diraih atlet-atlet asal Kuningan seperti Susi Susanti dan Tresna Puspita dapat memotivasi atlet lainnya untuk bisa berbuat banyak di kejuaraan level nasional hingga internasional.

"Hadirnya Susi, Tresna dan lain-lain semoga menjadi motivasi bagi atlet lainnya bahwa orang Kuningan bisa bicara di level nasional bahkan internasional, bahkan Dheva kemarin meraih perak pada Olimpade Paralympic di Tokyo," jelasnya.

"Semua prestasi bisa diraih ketika memiliki motivasi tinggi meskipun berada ditengah sarana fasilitas yang serba pas-pasan," ucap dia menambahkan.

Masih kata Toto, di ajang PON XX Papua tercatat ada 17 atlet asal Kuningan yang bergabung dengan kontingen Jawa Barat. Hingga hari ini, dua medali emas berhasil diraih atlet asal Kuningan yakni dari Susi Susanti dan Tresna Puspita di cabor lempar martil.

"Ada 17 atlet. Mudah-mudahan bisa tambah medali lagi dari yang lainnya," tutup Toto.



Simak Video "BMKG Bakal Sajikan Informasi Cuaca Terkini Selama PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)