Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Ini PR FPTI

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 11 Des 2021 21:10 WIB
Panjat Tebing Indonesia
Indonesia bakal jadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (dok.PB FPTI)
Jakarta -

Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bakal memperbaiki sejumlah kekurangan, terutama fasilitas pendukung.

FTPI baru saja mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 pada Kamis-Jum'at (9-10 Desember) di Hotel Royal Kuningan. Dalam acara itu, para pengurus punya semangat dan kemauan yang sama, yakni menyukseskan gelaran terakbar yakni Piala Dunia Panjat Tebing di Bali.

Ketua Umum FPTI Yenny Wahid menekankan bahwa keberhasilan Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah adalah wujud komitmen pengurus untuk memperkenalkan olahraga panjat tebing ke masyarakat, sekaligus jadi simbol kebangkitan di tengah pandemi Covid-19 ini.

"FPTI berkomitmen untuk memajukan panjat tebing Indonesia dan lebih mengenalkannya kepada masyarakat, apalagi tahun depan kami menjadi tuan rumah IFSC World Cup 2022," ungkap Yenny dalam rilis kepada detikSport.

"Selain menjadi hajat besar kami FPTI, IFSC juga saya harapkan bisa menjadi simbol momentum kebangkitan kita dari krisis yang berlangsung akibat Pandemi Covid-19," katanya.

Indonesia memang terkenal kuat di nomor speed panjat tebing, namun lemah di lead dan bouldering. Oleh karenanya dengan adanya Piala Dunia ini, maka FPTI akan lebih fokus untuk dua nomor lainnya.

Selain itu, fasilitas panjat tebing juga akan disertifikasi sehingga bisa memenuhi standar internasional. Sehingga dengan adanya fasilitas yang lebih memadai di setiap provinsi, maka pembinaan akan lebih berjalan dengan baik.

Apalagi panjat tebing jadi salah satu olahraga prioritas pemerintah saat ini mengingat banyak potensi medali dan prestasi yang bisa didapat di level dunia.

"Kami sangat lemah dalam pembinaan dan standarisasi fasilitas panjat tebing, hanya segelintir daerah saja yang mempunyai fasilitas yang sudah memenuhi standar, jadi kami fokus untuk membenahi itu semua demi pemerataan dan juga demi prestasi di masa depan," ungkap Dadang selaku Ketua Panitia Rakernas.

Selain itu, demi lebih mengenalkan panjat tebing kepada publik, FPTI juga akan melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak untuk membangun small climbing di tempat-tempat vital yang menjadi titik kumpul masyarakat.

(mrp/cas)