ADVERTISEMENT

Percaya Nggak Punya Mental Kuat Bisa Datangkan Kesuksesan?

Angga Laraspati - Sport
Kamis, 23 Des 2021 09:29 WIB
Ilustrasi Sukses
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bermental kuat ternyata bisa membuat seseorang meraih kesuksesan lho. Buktinya ada beberapa alasan mengapa mempunyai mental yang kuat bisa membawa seseorang menuju kesuksesan.

Pada dasarnya, setiap individu memiliki kekuatan mental, walau hanya sampai batas tertentu saja. Karena itu, semakin kuat mental seseorang akan semakin besar peluangnya untuk mencapai tujuan hingga kesuksesan.

Dilansir dari Forbes, setidaknya ada beberapa cara kekuatan mental bisa membawa seseorang menuju kesuksesan.

Mengontrol Emosi

Pasang surut emosional sudah menjadi makanan sehari-hari seseorang dalam kehidupan. Dengan mengontrol emosional bak rollercoaster itu disebut menjadi kunci untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, dan salah satu caranya adalah dengan menguatkan mental.

Keterampilan dalam mengatur emosi, bisa membantu seseorang untuk menghadapi pasang surut kehidupan layaknya seorang juara. Dengan mental yang kuat seseorang juga bisa mengetahui cara untuk menenangkan diri, menghibur diri atau menghadapi ketakutan.

Mempertahankan Motivasi

Kekuatan mental juga disebut mampu menjaga motivasi lebih bertahan lama dan tidak mudah hilang. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menggali lebih dalam hal-hal yang ia tidak ketahui walaupun ia dalam kondisi lelah.

Dengan cara ini tentu seseorang mampu untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya dan mempunyai ambisi untuk lebih baik dari sebelumnya.

Membungkam Keraguan

Pernah ragu dengan diri sendiri? Well, kekuatan mental dapat membungkam perasaan tersebut dan membuat seseorang dapat membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan segala hal yang sebelumnya diragukan.

Sebenarnya, keraguan yang sering timbul itu adalah pemikiran yang dibuat oleh seseorang dan dirinya mempercayai pemikiran tersebut. Sementara itu, seseorang yang punya kekuatan mental mampu untuk menghilangkan semua keraguan tersebut, dan mengabaikan self-talk yang tidak produktif.

Memberi Keberanian

Untuk keluar dari zona nyaman, seseorang membutuhkan keberanian untuk menghadapi ketakutannya. Di sinilah peran kekuatan mental cukup penting, karena sifat ini membangun kepercayaan diri seseorang untuk menembus segala keraguan.

Dengan kekuatan mental, seseorang juga akan tetap maju dan akan siap bila nantinya mendapatkan kegagalan, sebab ia sudah dapat menanganinya. Inilah kunci seseorang yang sukses yaitu berani untuk gagal dan bangkit dari kegagalan tersebut.

Beberapa manfaat memiliki kekuatan mental memang menjadi kunci untuk meraih kesuksesan. Karena, orang-orang yang punya kekuatan mental besar punya rasa keberanian dan tidak pernah meragukan kapasitasnya.

Ada banyak contoh orang yang punya kekuatan mental besar sukses meraih keberhasilan. Salah satunya adalah Under Armour Athlete Global, Adinda Sukardi yang pernah berjuang di titik nol dirinya kebugaran selama pandemi untuk dapat bangkit kembali dan mencapai lebih banyak.

"Saya berada di posisi terendah. titik hidup saya, di mana saya tidak bisa melatih. Ini membawa saya turun cukup sedikit, tapi aku berhasil menemukan kekuatan mental saya, dan itu menyelamatkan saya dari jatuh," kata Adinda Sukardi dalam keterangan tertulis.

Contoh lainnya bisa dilihat dari sosok Rio Maholtra, yang berhasil memenangkan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua kemarin.

Ia berhasil meraih rekor nasional dalam cabang lari dan mendapatkan medali emas. Rio yang juga seorang Paspampres harus berjuang selama pelatihannya dengan semua kondisi dan dinas militernya. Tapi Rio membuktikan dirinya dengan mental kuat dan berhasil menjadi juara.

Kekuatan mental ini juga tengah digaungkan oleh Under Armour lewat kampanye The Only Way is Through (TOWIT). Kekuatan mental bisa menjadi faktor pendorong bagi seseorang untuk menjadi lebih baik.

Sebagai informasi, TOWIT adalah kampanye tahunan dari Under Armour, yang tahun ini mengambil tema mental. Nantinya dalam kampanye ini akan ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan kekuatan mental. kampanye, dan akan berkolaborasi dengan beberapa pusat kebugaran di Jakarta untuk kelas khusus yang terkait untuk kekuatan mental.

Selain itu, nantinya seluruh Atlet UA akan aktif untuk berbagi secara pribadi media sosial mereka yang berlatih untuk kekuatan mental dengan hashtag khusus untuk kampanye ini.

Lihat juga Video: CT Ungkap 10 Poin Kiat Sukses Jadi Pengusaha di Kongres Ekonomi MUI

[Gambas:Video 20detik]




(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT