Kapan Kemenpora Tentukan Cabor ke SEA Games dan Asian Games 2022?

Mercy Raya - Sport
Selasa, 25 Jan 2022 15:30 WIB
Upacara penutupan SEA Games 2019 dilaksanakan di New Clark Stadium, Filipina, Rabu (11/12/2019) malam. Dalam acara penutupan ini juga dilakukan penyerahan estafet Sea Games 2021 ke Vietnam.
Komenpora belum memutuskan cabor untuk SEA Games dan Asian Games 2022. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kontingen Indonesia ditunggu dua multievent besar SEA Games dan Asian Games 2022. Namun, sampai kini Kemenpora belum menentukan cabor apa saja yang bakal dikirim.

SEA Games akan dihelat di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei, sementara Asian Games akan dilangsungkan Hangzhou, 10 sampai 25 September 2022. Khusus SEA Games, Vietnam sebagai tuan rumah telah menetapkan 40 cabang olahraga yang bakal dipertandingkan di multiajang yang sempat tertunda tersebut.

Meskipun begitu, cabor-cabor apa saja yang bakal diikuti kontingen Merah Putih masih tanda tanya.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman berharap Kemenpora bisa menetapkan cabornya mengingat pentingnya waktu persiapan bagi para patriot olahraga.

"Saya berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera menentukan cabang olahraga yang akan dikirimkan berdasarkan usulan dari, tentunya Komite Olahraga Nasional Indonesia maupun Komite Olimpiade Indonesia yang menangani multievent internasional," kata Marciano dalam keterangan tertulisnya.

"Terkait dengan review dengan persiapan Pelatnas, tentunya harus segera dilakukan karena pimpinan cabang olahraga saat ini ada yang sudah memulai Pelatnasnya, tetapi ada juga yang masih menunggu," imbuhnya.

Apresiasi besar diutarakan eks Badan Intelijen Negara (BIN) ini kepada pimpinan cabang olahraga yang sudah mempersiapkan atlet dengan sebaik-baiknya.

"Bagi pimpinan olahraga yang sudah mempersiapkan atlet-atletnya seperti angkat besi, bulu tangkis, taekwondo, dan lain sebagainya yang Pelatnas sudah berjalan, saya tentunya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya," ucap Marciano.

Sementara itu, Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, mengatakan review cabor akan dilakukan pada pekan depan.

"Minggu depan paling lambat kami segera lakuran review. Tapi dengan keluarnya Perpres (Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional) ini tentu ada cabor-cabor unggulan. Yang kedua, kami mengacu pada ramping kontingen tapi produktif medali. Jadi dengan ada Perpres ini semua harus terukur," kata Chandra saat dikonfirmasi detikSport, secara terpisah.

"SEA Games ini sasaran antara dan DBON itu fokus Olimpiade. Selain itu, cabor SEA Games tak semua ada di Olimpiade, ya sudah ada ketentuan di Perpres. Tentu cabor di luar DBON, prinsipnya tak harus banyak (atlet) yang penting potensi medalinya," ujar Chandra.



Simak Video "Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia di Posisi 4 Geser Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)