Tak Ada Libur, Riau Ega Lebaran di Pelatnas

Mercy Raya - Sport
Senin, 02 Mei 2022 19:45 WIB
Langkah tim panahan beregu putra Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 terhenti di babak 16 besar. Tim panahan beregu putra Indonesia dikalahkan tim Inggris.
Riau Ega berlebaran di tempat latihan. (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

Atlet panahan Indonesia Riau Ega Agatha Salsabila terpaksa harus merayakan Lebaran di Pelatnas karena waktu persiapan yang mepet menuju SEA Games 2021.

Ega menjadi salah satu pemanah yang dipersiapkan Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) menuju SEA Games yang berlangsung di Vietnam, 12-23 Mei ini.

Akan tetapi menyambut multievent dua tahunan tersebut, Ega juga dihadapkan pada perayaan hari besar umat muslim, Lebaran, yang bertepatan Senin (2/5/2022). Oleh sebab waktu yang berdekatan, Pelatnas panahan tak meliburkan atletnya. Ega pun terpaksa menahan keinginannya untuk bisa kumpul bersama keluarga.

"Enggak ada libur karena kurang dari dua pekan juga (berangkat SEA Games) jadi Lebaran di Pelatnas saja dulu," kata Ega kepada detikSport.

Beruntung, Olimpian Rio 2016 dan Tokyo 2020 ini memiliki istri dan anak yang cukup pengertian dengan profesinya sebagai atlet. Walaupun sesekali sang anak protes.

"Sudah ngomong sama istri dan anak juga (enggak bisa Lebaran di rumah). Mereka mengerti. Paling kalau ada waktu pulang, ya pulang, cuma memang harus menunggu sedikit karena baliknya setelah SEA Games," ujar Riau Ega.

Menyoal kerinduannya pada momen Lebaran, Ega lebih kangen pada buah hatinya yang berusia 3 tahun. "Ini saja sudah kangen sama anak. Sebenarnya anak tahu (kerjaan saya) karena kalau latihan sering saya ajak. Tapi dia sudah mulai protes-protes," ungkapnya.

Sebelumnya, Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono mengimbau para atlet untuk tetap berada di pemusatan latihan nasional (pelatnas) dan menjaga protokol kesehatan.

"Ini adalah SEA Games yang extraordinary karena hari raya Idul Fitri berdekatan waktunya dengan penyelenggaraan dan keberangkatan kontingen ke Vietnam. Sebagai CdM, saya mengimbau agar atlet tidak mudik dan tetap menjaga prokes," kata Ferry.

Dengan tidak mudik, kata dia Ferry, atlet bisa lebih bugar mempersiapkan dirinya. Selain itu, tahun ini adalah tahun pertama bagi warga Indonesia untuk menjalani mudik setelah dua tahun sebelumnya dilarang lantaran persebaran pandemi COVID-19.

"Takutnya jika mudik akan terjebak macet sehingga memengaruhi kondisi kebugaran atlet. Jadi mohon maaf, sebaiknya para atlet tidak melakukan mudik Lebaran untuk tahun ini. Fokus saja untuk SEA Games Vietnam," imbau Ferry.



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)