SEA Games 2021: Catur dan Menembak Sumbang Emas untuk Indonesia

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 21 Mei 2022 15:20 WIB
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan medali emas yang diraihnya pada final angkat besi nomor 73 Kg putra SEA Games 2021 Vietnam  di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Sabtu (21/5/2022). Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas dan memecahkan rekor SEA Games 2021 dengan total angkatan sebesar 345 Kg. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Catur dan Menembak turut menyumbangkan medali emas di SEA Games 2021. Foto: ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU
Hanoi -

Indonesia belum berhenti menambah pundi-pundi emas dua hari jelang penutupan SEA Games 2021 Vietnam. Kali ini, giliran cabor menembak dan catur yang turut berkontribusi.

Bertanding di Hanoi National Sport Training Center, Vietnam, Sabtu (21/5/2022), tim yang terdiri dari Nourma Try Indriani, Nurul Sofiah, dan Rica Nensi Perangin Angin berhasil mengumpulkan skor 1.600 poin pada nomor 10m running target team women.

Mereka berhak atas emas setelah unggul dari tim Vietnam (Quyen Nguyen Thi Le, Ha Dang Hong, Hang Nguyen Thi Thu) yang hanya mampu mencetak angka 1.588 poin. Vietnam pun harus puas dengan perolehan medali perak.

Sementara medali perunggu direbut tim Laos (Hongkham Xayyalath, Phoutsady Phommachananh, Khamlar Xayyavong) yang mencetak 1.475 poin.

Selain cabor menembak, Indonesia juga mendapat tambahan emas dari cabang olahraga catur. Adalah Chelsie Monica I Sihite/Ummi Fisabililah yang meraih kemenangan atas Malaysia (Puteri Rifqah Fahada Azhar/Puteri Munajjah AZ Zahraa Azhar) di nomor women's team blitz. Mereka mendapat nilai 1.5 unggul dari Malaysia yang cuma meraih poin 0.5

Selain emas, Indonesia juga menambah koleksi medalinya dari cabang olahraga kano/kayak. Empat atlet Indonesia yang berlomba di nomor women's canoe four, 500 meter merebut medali perak setelah finis kedua dengan catatan waktu 1 menit 57,033 detik.

Mereka kalah cepat dari tim Vietnam yang lebih dulu mencapai garis akhir. Tuan rumah membukukan waktu 1 menit 54,893 detik dan berhak mengantongi medali emas. Sedangkan medali perunggu direbut tim Thailand yang mencatatkan waktu 2 menit 06,218 detik.

Dari cabang angkat besi, Indonesia juga memperoleh medali perunggu dari Tsabitha Alfiah Ramadani di kelas 64 kg putri.

Tsabitha harus puas menjadi lifter terbaik ketiga SEA Games setelah mencatatkan total angkatan 216 kg. Dia kalah dari wakil Vietnam Thi Hong Thanh Pham yang sukses merebut medali emas usai membukukan total angkatan 230 kg sekaligus memecahkan rekor SEA Games.

Adapun lifter Filipina, Elreen Ann Ando Quinilitan sukes menggenggam meraih medali perak dengan total angkatan 223 kg.

(mcy/adp)