Balap Sepeda SEA Games 2021: Hujan Tak Hentikan Aiman Rebut Perak

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 21 Mei 2022 20:50 WIB
Aiman Cahyadi
Aiman merebut medali perak keduanya di SEA Games 2021. Foto: Dok. PB ISSI/Nick Hanoatubun
Hoa Binh -

Pebalap sepeda Indonesia, Aiman Cahyadi merebut medali perak pada nomor Individual Road Race Putra SEA Games 2021. Ia susah payah menerjang hujan dan jalanan yang licin.

Pada perlombaan yang berlangsung di Hoa Binh, Vietnam, Sabtu (21/5/2022), Aiman harus puas berada di urutan kedua yang menyentuh garis finis setelah mengayuh sepeda dalam waktu 3 jam 48,22 menit dengan kecepatan rata-rata 41,63 km/jam.

Ia kalah dari pesepeda asal Malaysia, Muhammad Nur Aiman Mohd Zariff yang sukses tiba lebih awal di garis akhir, meskipun dari hasil lomba tak ada gap waktu. Begitu pun dengan peringkat ketiga diraih atlet Thailand Naviti Liphongyu dengan catatan waktu yang sama.

Posisi keempat adalah pebalap sepeda asal Singapura, Boon Kiak Yeo. Kemudian kelima adalah atlet Indonesia Bernard Benyamin Van Aert yang mencatatkan waktu 3 jam 51,17 menit atau terpaut 2,55 detik dari rombongan pertama.

Meskipun kalah, Aiman tetap mengapresiasi kerja sama antar atlet Indonesia. Secara keseluruhan, Merah Putih menurunkan lima wakil. Tiga lainnya adalah Yudha Terry Kusuma, Jamalidin Novardianto, dan, Selamat Juangga yang finis di urutan 23, 24, dan 25 dengan catatan waktu 4 jam 04,40 menit.

"Terima kasih banyak, medali perak ini saya persembahkan untuk teman-teman saya yang bekerja keras hari ini. Karena tanpa mereka saya bukan siapa-siapa," kata Aiman dalam rilis PB ISSI.

Ya, semua pesepeda Indonesia yang turun kali ini layak mendapat apresiasi karena turut andil dalam membantu Aiman mempersembahkan medali perak pada lomba, hari ini.

Mereka harus mengayuh sepeda sejauh 162,25 km dalam kondisi hujan. Bahkan, Bernard sempat terjatuh dan mengalami insiden ban bocor yang menguras banyak waktu. Hebatnya, dia mampu kembali ke rombongan terdepan untuk membantu Aiman.

"Kesulitan, hari ini memang hujan dan licin. Jadi harus berhati-hati. Bernard sempat jatuh. Namun, berkat kerja sama tim yang sungguh luar biasa akhirnya bisa meraih perak," ujarnya.

"Hasil ini juga tak lepas dari persiapan dengan mengikuti kompetisi di Tajikistan jadi bisa mengukur kemampuan dan juga performa," Aiman menambahkan.

Sementara itu, Pelatih Kepala Timnas Balap Sepeda Dadang Haries Poernomo mengapresiasi kerja keras seluruh pebalap sepeda karena sudah melakukan yang terbaik.

"Anak-anak luar biasa dan telah berjuang. Memang sejak awal, setiap tim agresif dan aktif. Strategi kami berjalan dengan apa yang kami rencanakan. Tetapi memang, pas di akhir kecolongan dari Malaysia. Tetapi anak-anak sudah bagus dan bekerja keras," kata Dadang.

Adapun bagi Aiman, ini merupakan perak kedua pada SEA Games Vietnam. Sebelumnya dia juga meraih medali yang sama saat turun pada nomor Individual Time Trial (ITT) putra.

Dengan tambahan satu perak pada hari ini, secara keseluruhan tim balap sepeda telah menyumbang tiga emas dan empat perak untuk Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam.

Rinciannya, medali emas disumbangkan Tiara Andini Prastika (MTB-Downhill Putri), Zaenal Fanani (MTB-XCO Putra), dan Ayustina Delia Priatna (Road-ITT Putri).

Sementara medali perak direbut Andy Prayoga di MTB-Downhill Putra, Ihza Muhammad (MTB-XCO Putra), Aiman Cahyadi di dua nomor yaitu Road-ITT Putra dan Road Race Putra.

(mcy/adp)