4 Tips Memilih Sepatu Lari agar Terhindar dari Cedera

ADVERTISEMENT

4 Tips Memilih Sepatu Lari agar Terhindar dari Cedera

Angga Laraspati - Sport
Selasa, 07 Jun 2022 14:30 WIB
Ilustrasi Jogging atau Lari Pagi
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Saat ini, tren hidup sehat tengah digandrungi agar imunitas tubuh meningkat. Berlari pun menjadi pilihan olahraga dalam menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan taraf kesehatan seseorang.

Sama seperti olahraga lainnya, lari tentu membutuhkan amunisi penunjang agar dapat lebih aman dan nyaman, salah satunya sepatu lari. Pemilihan sepatu lari menjadi hal krusial, sebab salah pilih bisa menyebabkan kaki terasa tidak nyaman ketika berlari hingga potensi cedera.

Oleh karena itu, melansir dari Runningwarehouse ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih sepatu lari.

1. Pilih Sepatu yang Spesifik

Pada umumnya, sepatu lari terlihat seperti sneakers. Meski begitu, sepatu lari dibekali beberapa teknologi mumpuni yang membuat kaki akan lebih nyaman ketika berlari. Tidak seperti sneakers, sepatu lari dirancang untuk mencegah cedera dengan adanya bantalan khusus serta fitur desainnya.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Kaki

Faktor berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah mencari sepatu lari yang cocok dengan kaki. Sepatu lari yang tidak pas tak hanya membuat kaki menjadi sakit, tetapi juga dapat menyebabkan potensi cedera.

Oleh karena itu, ukuran sepatu lari setidaknya memiliki jarak antara ujung kaki dengan ujung sepatu selebar ibu jari. Cari juga sepatu yang mempunyai lebar sesuai dengan lebar kaki, sehingga pijakan kaki akan lebih nyaman.

3. Tipe Sepatu Lari Harus Tepat

Sepatu lari tidak hanya spesifik memiliki satu jenis saja, tetapi ada beberapa tipe sepatu lari yang bisa dipilih. Tentunya, tipe-tipe sepatu lari disesuaikan dengan medan dan tempat berlari seseorang.

Pilihannya antara lain sepatu lari sehari-hari yang biasanya dipakai, ada juga sepatu lari ringan yang cocok untuk lomba atau balapan karena bobotnya yang enteng, dan sepatu lari trail yaitu sepatu lari yang cocok untuk dipakai di medan tanah maupun bebatuan.

4. Ketahui Teknologinya

Ketika membeli sepatu lari, harga yang lebih tinggi biasanya berkorelasi dengan fitur teknologi dan kenyamanan pada sepatu lari tersebut. Tetapi bukan berarti memilih sepatu yang lebih murah penggunanya tidak bisa mendapatkan kenyamanan yang sama, hanya saja fitur yang diberikan akan berbeda.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dijadikan panduan dalam memilih sebuah sepatu lari. Jika masih bingung sepatu lari apa yang cocok untuk berlari, mungkin sepatu dari Under Armour bisa menjadi pilihan. Apalagi, Under Armour memiliki sepatu lari yang disebut-sebut ringan dan lebih responsif.

Sepatu itu adalah Velociti Wind 2 yang dikembangkan dengan inovasi ala Under Armour selama bertahun-tahun. Sepatu ini dikembangkan dengan bantuan atlet UA dan duta merek, UA Innovation Lab di Baltimore dan UA Human Performance Center di Portland yang dibuat dengan UA HOVR Machina, jadi mampu menghilangkan kebutuhan akan outsole karet yang berat.

Sepatu ini dibekali teknologi Under Armour Flow yang memiliki senyawa midsole tunggal, ultra-responsif dan tahan lama sama seperti pendahulunya. Ditambah bantalan UA Flow, sepatu ini secara drastis mampu mengurangi berat dan memberi pelari perasaan ringan ketika berlari.

Berkat adanya teknologi UA Flow, sepatu ini didesain lebih ringan dengan menghilangkan outsole karet, sehingga mampu menghilangkan bobot 2-3 ons.
Senior Global Product Line Manager for Performance Run at Under Armour Douglas Smiley mengatakan UA FLOW adalah teknologi bantalan yang mengubah berlari dan memperluas kemampuan Under Armour untuk memberikan pengalaman terbaik dan solusi produk kepada pelari.

"Flow Velociti Wind 2 memberikan kecepatan tanpa pengorbanan-menjaga pelari tetap terlindungi, memberikan pengembalian energi yang luar biasa, dan menempatkan angin di punggung mereka dengan setiap langkah, setiap lari, setiap hari," kata Douglas dilansir dari website Under Armour.
Velociti Wind 2 dibekali busa dengan traksi lengket alami, sehingga lapisan besar tradisional di masa lalu tidak diperlukan. UA pun menawarkan energi, konsisten hingga daya tahan bagi penggunanya dan membuat lari semakin menyenangkan.

Sepatu ini dirancang untuk kecepatan yang mampu memberikan responsivitas hebat, pengembalian energi, dan grip yang baik, sehingga penggunanya mampu berlari dengan percaya diri.

Bentuknya juga memberikan kenyamanan pada kaki karena adanya rekayasa super inovatif UA Warp yang beradaptasi dengan kaki pelari sepanjang langkah mereka. Fitur ini bekerja layaknya sabuk pengaman pada kaki yang ditempatkan di tempat biomekanis yang paling membantu pelari.

Under ArmourUnder Armour Foto: Under Armour

Bahan dari UA Warp juga akan menegang ketika pengguna membutuhkannya dan akan melonggar ketika kaki bersantai. Bagian atasnya juga mampu bergerak serempak dengan kaki. Menjadikan kaki lebih nyaman dan enteng ketika berlari meskipun jarak jauh.

Sepatu ini juga mendukung kegiatan lari dengan fitur barunya yaitu Tatami Stitch Heel, yang menjadi solusi premium dengan adanya sockliner EVA yang dibentuk dengan kenyaman dan ketahanan tambahan serta bantalan yang lebih empuk.

UA Flow Velociti Wind 2 tersedia sekarang di semua Under Armour Brand House di Indonesia.



Simak Video "Sepatu Roda Lagi Viral, Apa Saja Sih Kategorinya? "
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT