Ponten Bagus untuk ITB Jatiluhur International Triathlon 2023

ADVERTISEMENT

Ponten Bagus untuk ITB Jatiluhur International Triathlon 2023

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 18 Jan 2023 02:40 WIB
ITB Jatiluhur International Triathlon 2023
ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 dinilai berjalan sukses (Istimewa)
Purwakarta -

ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 jadi ajang triatlon pertama di Tanah Air tahun ini. Para peserta diklaim puas dengan penyelenggaraan.

Ajang triatlon yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Teknik Sipil ITB dan Perum Jasa Tirta II dihelat di Bendungan Jatiluhur, Minggu (15/1/2023). Para peserta lomba dilepas langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, yang didampingi oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, serta jajaran direksi Perum Jasa Tirta II sebagai pengelola.

Sebanyak 232 peserta dari delapan negara turut berkompetisi untuk menyelesaikan lintasan renang, lintasan sepeda dan lintasan lari yang terbagi menjadi dalam dua kategori.

Kategori pertama adalah Sprint Distance dengan jarak renang 750 meter, sepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer. Sementara untuk kategori yang kedua adalah Olympic Distance dengan jarak renang 1.500 meter, sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Meski event ini baru pertama kali dihelat di Waduk Jatiluhur, tapi pihak penitia sudah bekerja keras untuk membuatnya senyaman mungkin bagi peserta maupun penonton.

Panitia menempatkan pengamanan di seluruh lintasan lomba. Untuk pengamanan lintasan renang di perairan Waduk Jatiluhur, panitia menempatkan 13 kayak, tiga perahu mesin, dan dua orang penyelam.

Pengamanan di jalur lomba sepeda dan lari antara lain dilakukan dengan menutup jalan akses masuk dan keluar wilayah Jatiluhur dan menempatkan ratusan orang marshal yang terdiri dari unsur TNI, Kepolisian, Pemkab Purwakarta, dan warga lokal.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai pengamanan dan penutupan jalan. Sosialisasi kepada masyarakat juga telah dilakukan melalui rapat koordinasi di lapangan, pemasangan spanduk, dan pengumuman melalui media sosial," ujar Ketua Panitia Alonso Patiaraja dalam keterangan kepada detikSport.

"Kami sangat concern di keamanan, safety first. Ketika ada satu prosedur gak jalan, langsung dihentikan. Alhamdulillah, zero accident," timpal Race Director Beny Yusron.

Kerja keras panitia ini juga berbuah pujian dari salah satu peserta yang berharap event serupa bisa dihelat lagi tahun depan.

"Alhamdulillah lancar jaya. Rute larinya menyenangkan rolling dan flat dengan pemandangan waduk Jatiluhur," ujar salah satu peserta relay asal Bandung Suzie Adhitama.

Muncul sebagai juara adalah Kopda Hari Rohman dari Satkopaska Koarmada I di kategori Olympic Distance Solo, lalu di posisi kedua ada Serda Marinir Debby Anggrean dan podium ketiga jadi milik Steve Dow dari Inggris. Untuk hasil lengkap pertandingan dapat diakses melalui www.itbtriathlon.id.

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT