Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Detik Insider

    Piala Dunia 2018 Tanpa Messi dan Ronaldo, So What?

    Doni Wahyudi - detikSport
    Tak ada lagi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2018 (Ryan Pierse/Getty Images) Tak ada lagi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2018 (Ryan Pierse/Getty Images)
    Jakarta - Hari pertama babak 16 besar Piala Dunia 2018 berakhir dengan tersingkirnya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dua pemain terbaik dunia itu tak lagi menyemarakkan pesta di Rusia.

    Messi dan Ronaldo out dari Piala Dunia setelah Argentina dan Portugal disingkirkan oleh tim yang lebih baik. Prancis dengan kecepatan dan kedalaman skuatnya, serta Uruguay yang lebih terstruktur dalam skema permainan berhak lolos ke delapan besar dan akan saling berhadapan.

    Messi dan Ronaldo adalah (salah satu) bintang paling besar di Piala Dunia 2018 ini. Mereka berdua punya karier luar biasa, melebihi pesepakbola manapun sepanjang sejarah permainan tersebut. Tapi itu di level klub, ketika manajemen klub bisa mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan pemain-pemain terbaik dari penjuru dunia, membayarnya dengan gaji mahal, dan kemudian mendapat uang banyak dari beragam model bisnis yang dikembangkan.

    Saat membela negara masing-masing, mereka berdua harus menerima kenyataan yang ada. Bahwa tim mereka tidak segemerlap atau memiliki kedalaman skuat yang cukup untuk bisa sangat kompetitif. Messi dan Ronaldo harus bermain dengan apa yang ada di skuat Argentina dan Portugal. Menerima setiap kelebihan dan kekurangan teman-teman senegaranya.



    Messi sangat kesulitan dengan kondisi itu. Franco Armani, Maximiliano Meza, Enzo Perez, dan Cristian Pavon bukanlah Andre Ter Stegen, Ivan Rakitic, Paulinho, atau Luis Suarez yang biasa menemaninya di Barcelona. Yang memahami benar apa, bagaimana, dan kapan harus membangun serangan bersamanya.

    Lionel Messi bikin satu gol dan tiga assist di Piala Dunia 2018 iniLionel Messi bikin satu gol dan tiga assist di Piala Dunia 2018 ini Foto: REUTERS/Dylan Martinez


    Di sisi lain Cristinao Ronaldo memang terlihat meyakinkan di fase grup dengan membuat empat gol dari dua pertandingan. Tapi malam tadi Uruguay memang lebih baik, mereka punya tim yang dibangun dengan lebih solid. Pada akhirnya Ronaldo 'sendiri' kalah dari duet kompak Luis Suarez-Edinson Cavani. Uruguay menunjukkan kalau sebuah tim yang solid akan lebih kuat dibanding seorang pemain terbaik dunia sekalipun.

    Antara Ronaldo dan Messi siapakah yang lebih baik di Piala Dunia 2018 ini?



    Biarlah perdebatan tersebut berakhir saat ini bersama pulangnya mereka berdua ke negara masing-masing. Mereka berdua sama-sama harus terhenti di 16 besar dan juga sama-sama tak pernah bisa bikin gol di fase tersebut.

    Tersingkirnya Messi dan Ronaldo dari Piala Dunia 2018 sangat mungkin sekaligus akan menjadi akhir era dua pemain tersebut. Ronaldo sudah 33 tahun saat ini, sementara Messi dua tahun lebih muda.

    Di level senior bersama negaranya, Messi sama sekali tidak memberikan trofi. Kondisi yang disebut-sebut bakal menjadi cela dalam catatan gemilang kariernya, yang akan membuatnya selalu inferior jika dibandingkan dengan Diego Maradona. Di Piala Dunia, prestasi terbaik dia hanya Golden Ball 2014.

    Cristiano Ronaldo gagal membawa Portugal melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2018Cristiano Ronaldo gagal membawa Portugal melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2018 Foto: REUTERS/Sergio Perez


    Ronaldo pun sama, tak bisa bersuara di Piala Dunia. Satu-satunya yang bisa dia banggakan bersama Portugal adalah titel Piala Eropa 2016. Turnamen di mana kontribusinya adalah 3 gol dan bermain hanya 25 menit dari total 120 menit laga menghadapi Prancis di final.

    Adu argumen tentang Messi dan Ronaldo terlalu melelahkan untuk diteruskan. Tidak pula akan pernah ada kesimpulan atau jawaban didapat. Padahal Piala Dunia ini masih menyisakan 14 tim terbaik dan 14 pertandingan yang, jika berkaca pada fase grup, menjanjikan tontonan seru.

    Piala Dunia 2018 menjadi salah satu Piala Dunia paling menarik yang pernah digelar. Kejutan-kejutan sudah terjadi di fase grup, gol-gol dramatis bermunculan jelang pertandingan tuntas, produktivitas tinggi, dan sejauh ini cuma satu pertandingan yang tuntas tanpa gol.

    Jadi, selamat menikmati Piala Dunia yang tetap seru tanpa Messi dan Ronaldo. (din/krs)

    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game
    detik-insider