Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Detik Insider

    Yellow Submarine: Asli Liverpool, Abadi di Villarreal

    Bayu Baskoro - detikSport
    Fans Villarreal membentangkan syal bertuliskan Yellow Submarine. (Foto: Getty Images/David Ramos) Fans Villarreal membentangkan syal bertuliskan Yellow Submarine. (Foto: Getty Images/David Ramos)
    Villarreal -

    Yellow Submarine dalam dunia sepakbola identik dengan tim LaLiga, Villarreal. Begini kisah si kapal selam kuning dari Liverpool itu hingga sampai ke Spanyol.

    Submarine atau kapal selam kerap menimbulkan ancaman dalam pertempuran di samudera. Contohnya saja kapal selam Unterseenboat (U-boat) milik angkatan laut Jerman, yang menjadi senjata mematikan bagi kapal-kapal sekutu selama Perang Dunia II.

    Namun, kesan berbeda justru muncul apabila kita mencari informasi mengenai Yellow Submarine. Gambar-gambar yang muncul malah menunjukkan kapal selam berwarna kuning yang lucu, seringkali dengan gambar-gambar animasi, serta menjadi favorit anak-anak.

    Hal tersebut bukan tanpa sebab. Yellow Submarine sesungguhnya memang ikon budaya pop yang muncul di pertengahan tahun 1960-an. Kapal selam kuning adalah buah karya dari band legendaris asal Liverpool, The Beatles. Seperti inilah kisah kelahirannya.

    Yellow Submarine, Lagu Anak-anak

    Suatu hari di awal tahun 1966, Paul McCartney hampir tertidur pada sore hari yang nyaman. Pembetot bass The Beatles itu membayangkan sebuah kapal selam berwarna kuning yang menyerupai mainan anak-anak.

    Dari gambaran itulah, Paul mendapatkan ide untuk menciptakan lagu anak-anak buat bandnya. Liriknya menceritakan seorang pelaut tua yang memberi tahu anak-anak kecil tempat dia tinggal, serta kapal selam kuning miliknya.

    "Saya hanya mengarang sedikit di kepala saya, lalu mulai membuat cerita, semacam pelaut kuno, memberi tahu anak-anak kecil di mana dia tinggal dan bagaimana ada tempat di mana dia memiliki kapal selam kuning... Saya sangat suka dunia anak; Saya menyukai pikiran dan imajinasi anak-anak," kata Paul dalam buku biografinya, Paul McCartney: Many Years from Now.

    Musisi kelahiran Liverpool itu kemudian mulai menuliskan lirik lengkap tembang barunya tersebut, dengan bantuan tandem duetnya, John Lennon. Salah satu teman The Beatles, Donovan, juga ikut memberikan bantuan untuk melengkapi lirik lagu yang diberi judul "Yellow Submarine" itu.

    Proses rekaman lagu Yellow Submarine dilakukan pada 26 Mei 1966 di studio Abbey Road dan 1 Juni. Drummer The Beatles, Ringo Starr, ditunjuk sebagai pengisi vokalnya.

    Yellow Submarine dimasukkan ke dalam album Revolver yang rilis pada 5 Agustus 1966. Tembang tersebut juga dirilis dalam bentuk single bersama dengan lagu lainnya dari album yang sama, "Eleanor Rigby".

    Ikon Budaya Pop

    Tembang Yellow Submarine menjadi populer di masyarakat. Singlenya merajai tangga lagu Inggris selama empat minggu, serta menempati urutan kedua di chart Billboard Amerika Serikat.

    Kritikus menyambut positif lagu Yellow Submarine. Beberapa menyebut lagu ini menjadi contoh progresivitas musik The Beatles yang unik, serta tidak umum dilakukan oleh musisi rock pada zaman itu.

    Lagu Yellow Submarine kemudian diadaptasi menjadi film animasi psikedelik dengan judul yang sama tahun 1968. Film garapan George Dunning itu menceritakan bagaimana perjalanan The Beatles mengarungi lautan dengan kapal selam kuning untuk membebaskan Pepperland, surga bawah laut yang diserang pasukan jahat dan anti-musik bernama Blue Meanies.

    Yellow Submarine kelak menjadi nama album kesepuluh The Beatles yang rilis pada Januari 1969. Lagu-lagu di film animasi Yellow Submarine dimasukkan ke dalam album tersebut.

    Dari film Yellow Submarine, gambaran visual kapal selam kuning The Beatles menjadi ikon populer yang tersebar di mana-mana. Mulai dari poster-poster, mainan anak-anak, karya seni patung, hingga hotel bertemakan Yellow Submarine yang 'bersandar' di kota kelahirannya, Liverpool.

    Yellow Submarine, ikon pop The Beatles yang juga menjadi julukan klub Liga Spanyol, Villarreal.Balon udara Yellow Submarine The Beatles. (Foto: dok. UEFA)

    Yellow Submarine 'Berlayar' Sampai ke Villarreal

    Kepopuleran lagu Yellow Submarine juga terasa hingga ke tanah Spanyol. Salah satu band negeri Matador, Los Mustang, membuat cover lagu tersebut dengan lirik berbahasa Spanyol berjudul "Submarino Amarillo" (kapal selam kuning) pada tahun 1966.

    Submarino Amarillo terjual 130 ribu kopi di Spanyol dan menjadi lagu para penggemar klub sepakbola dengan logo berwarna kuning. Salah satunya yakni tim dari kota kecil bernama Villarreal, yang kala itu masih berkutat di divisi regional Liga Spanyol.

    Villarreal promosi ke divisi ketiga pada 1967. Klub dari kota industri keramik itu lantas mengadopsi lagu Yellow Submarine dan Submarino Amarillo sebagai anthem dan identitas klub.

    Ide tersebut dicetuskan salah satu pendeta lokal bernama Mosen Guillermo Sanchis. Dia memutarkan lagu Yellow Submarine di bar saat perayaan promosi Villarreal. Yellow Submarine dan Submarino Amarillo kemudian diputar di Stadion El Madrigal setiap kali Villarreal melakoni laga kandang.

    "Kami berada di bar dan waktu itu band dari Liverpool, The Beatles, sangat populer. Saya memainkan pemutar lagu dan menyetel lagu 'Yellow Submarine'," ujar Sanchis dalam video yang dirilis Villarreal tahun 2016.

    Sejak saat itu, Villarreal mendapat julukan sebagai Submarino Amarillo alias Yellow Submarine. Villarreal juga menjadikan kapal selam sebagai maskot klub, yang dikenal sebagai Groguet.

    Villarreal Berkelana dari Spanyol hingga Eropa

    Villarreal promosi ke Liga Spanyol pada 1998/1999. Klub dari kota kecil di timur Spanyol itu menjelma menjadi kekuatan alternatif yang menantang dominasi raksasa LaLiga semisal Real Madrid dan Barcelona.

    Tidak hanya di Spanyol, Villarreal turut menancapkan tajinya di Eropa. Villarreal berhasil menjuarai Piala Intertoto pada tahun 2003 dan 2004, serta menembus babak semifinal Liga Champions 2006.

    Panggung Eropa pula yang mempertemukan Villarreal dengan klub asal kota kelahiran Yellow Submarine, Liverpool. Kedua tim tersebut berjumpa di babak semifinal Liga Europa 2016.

    Media-media Spanyol dan Inggris menjuluki duel Villarreal vs Liverpool sebagai 'Derby The Beatles', lantaran keduanya terikat secara kultural dengan band paling sukses sepanjang sejarah tersebut.

    Villarreal menundukkan Liverpool 1-0 pada pertandingan leg I semifinal Liga Europa di El Madrigal, Jumat (29/4). Satu-satunya gol itu dicetak oleh Adrian Lopez.Villarreal vs Liverpool di semifinal Liga Europa 2016. (Foto: Reuters)

    Villarreal mempecundangi Liverpool 1-0 di leg pertama yang berlangsung di El Madrigal. Yellow Submarine lantas 'mudik' ke Liverpool guna menjalani leg kedua di Anfield.

    Mimpi Cedric Bakumbu cs melangkah ke final Liga Europa kandas di tangan Liverpool. Villarreal menyerah 0-3 di leg kedua dan tersingkir dengan agregat 1-3 dari The Reds yang melaju ke partai puncak.

    Villarreal baru bisa mencicipi partai final Liga Europa lima tahun berselang, tepatnya di musim 2020/2021. Tim asuhan Unai Emery itu menghadapi musuh bebuyutan Liverpool, Manchester United.

    Duel Villarreal vs MU digelar di Stadion Energa, Gdansk, pada 26 Mei 2021 malam waktu setempat. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan rekaman perdana lagu Yellow Submarine oleh The Beatles 55 tahun silam.

    Lagu Yellow Submarine yang dinyanyikan penggemar Villarreal pun menggema di Stadion Energa. Gerard Moreno dkk sukses menjadi juara dengan memenangi adu penalti 11-10 atas Man United.

    Ini menjadi prestasi juara pertama Villarreal di Liga Europa sepanjang sejarah. Tidak hanya itu, Villarreal keluar sebagai pemenang dengan rekor tidak terkalahkan sepanjang kompetisi.

    Keberhasilan meraih titel Liga Europa kali ini dirayakan seluruh tim Villarreal beserta para penggemarnya. Yellow Submarine membuktikan bahwa klub dari kota kecil di Spanyol bisa merajai panggung Eropa.

    GDANSK, POLAND - MAY 26: Juan Foyth of Villarreal CF celebrates with the UEFA Europa League Trophy following the UEFA Europa League Final between Villarreal CF and Manchester United at Gdansk Arena on May 26, 2021 in Gdansk, Poland. (Photo by Michael Sohn - Pool/Getty Images)Villarreal meraih gelar juara Liga Europa 2020/2021. (Foto: Michael Sohn - Pool/Getty Images)

    ===

    Sumber Referensi:

    Buku
    Macdonald, Ian. 2008. Revolution in the Head: The Beatles Records' and the Sixties. London: Vintage Books.
    Miles, Barry. 1998. Paul McCartney: Many Years from Now. London: Vintage Books.

    Website

    'Why Villarreal are known as Yellow Submarine', UEFA 24 Mei 2021.

    'Why are Villarreal called 'Yellow submarine'?', LaLiga 15 Juli 2015.

    'Endavant Yellow Submarine', Villarreal CF 26 April 2019.

    'Spain has caught Beatles fever as 'Yellow Submarine' of Villarreal take on the Fab Four's Liverpool... but why are the La Liga side nicknamed after the 1960s smash hit?', Daily Mail 28 April 2016.

    (bay/krs)
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game