Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Fantasy

    Liga Inggris Dimulai, Ayo Main Fantasy Premier League!

    Mohammad Resha Pratama - detikSport
    Foto: Getty Images / Alex Broadway Foto: Getty Images / Alex Broadway
    Jakarta - Premier League 2017/2018 akan dimulai. Ini jadi saatnya bagi Anda penggila liga ini untuk merasakan bagaimana menjadi "manajer" klub Liga Inggris.

    Arsenal vs Leicester City jadi pembuka tirai Liga Inggris musim ini saat keduanya bertemu di Emirates Stadium, Sabtu (12/8/2017) dinihari WIB nanti. Inilah waktunya bagi kalian para menjadi "manajer" di tim buatan sendiri.

    Ya, apa lagi kalau bukan Fantasy Premier League, gim untuk para fantasy manager yang ingin merasakan bagaimana sih menangani sebuah tim. Mungkin bagi Anda yang belum pernah memainkannya, Anda bisa masuk ke situs fantasy.premierleague.com untuk mengetahui aturan dan tata cara bermainnya.

    Bagi Anda yang memang benar-benar penggila Fantasy Premier League, tentunya ingin tahu siapa sih pemain-pemain yang sebenarnya cocok untuk dipasang di pekan pertama ini. Namanya pekan pertama, boleh dikatakan ini pekan coba-coba di mana manajer serta pemain masih meraba-raba seperti apa strategi terbaik untuk timnya.

    Apalagi dengan bursa transfer tersisa tiga pekan lagi, banyak kejutan bisa terjadi dengan perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain. Belum lagi bermain FPL - singkatan dari Fantasy Premier League - pun gampang-gampang susah serta terbilang tricky.

    Sebab, para manajer FPL harus bisa mengatur timnya dengan serinci mungkin, termasuk kondisi si pemain, lawan yang akan dihadapi, performa si pemain dalam beberapa pertandingan, dan masih banyak hal. Oiya, karena ini adalah pekan pertama, maka ada baiknya perhatikan performa tim tempat si pemain berada selama pramusim lalu.

    Contoh saja Liverpool yang tampil oke di sesi pramusim lalu. Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino bisa jadi pilihan Anda.

    Kebanyakan para manajer tentu akan memakai formasi 3-4-3 sebagai strategi andalan mengingat gelandang dan striker jadi "ladang" poin. Apalagi jika para pemain tengah dan depan adalah mereka-mereka yang berkualitas.

    Tapi jangan lupa kalau Anda hanya diberikan budget transfer 100 untuk memilih 15 pemain, 11 inti plus empat cadangan. Maka Anda harus pintar-pintar memilih jika tak ingin kehabisan budget sebelum tim anda lengkap.

    Seperti detikSport kutip dari berbagai sumber, untuk pilihan pemain favorit di pekan pertama ini adalah penyerang Manchester United Romelu Lukaku. Lebih dari 50 persen manajer FPL di seluruh dunia memilih Lukaku yang bikin 85 gol selama memperkuat Everton. Dengan "hanya" menghadapi West Ham United, Lukaku diramalkan akan mencetak banyak gol.

    Ada tiga pemain lain yang jadi favorit para manajer di pekan pertama yakni David De Gea, Marcos Alonso, Dele Alli, Kevin De Bruyne, dan Harry Kane. Meski Kane patut diwaspadai juga mengingat dia biasanya telat "panas" di awal-awal musim.

    Alexandre Lacazette yang didatangkan Arsenal juga bisa jadi pilihan bagi para manajer sekalian. Rekor golnya bersama Lyon di Prancis adalah alasan mengapa dia bakal jadi andalan baru Arsenal di lini depan bareng Alexis Sanchez dan Mesut Oezil tentunya. Dia mencetak 100 gol selama memperkuat Lyon di Liga Prancis.

    Sementara, bagi kalian yang ingin memilih Javier Hernandez pun harus berhati-hati. Meski terkenal sebagai penyelesai ulung di lini depan, Chicharito punya jadwal yang tak bersahabat dengan West Ham United di enam pertandingan awal.

    Mereka harus memainkan empat laga tandang di enam pertandingan awalnya termasuk Manchester United di pekan pertama serta menjamu Tottenham Hotspur. Chicharito pun cuma bikin 11 gol dari 26 pertandingan musim lalu dengan hanya bikin tiga assist.

    Yang ketiga adalah West Ham jadi tim paling sedikit menyentuh bola di kotak penalti musim lalu selain West Brom serta Burnley.

    Jika Anda ingin mencari striker murah tapi punya potensi mencetak gol di pekan pertama dan juga selanjutnya, Manolo Gabbiadini bisa jadi pilihan. Jadwal Southampton yang tak begitu berat di pekan-pekan awal jadi alasan, selain torehan gol-golnya di debutnya paruh musim lalu meski akhirnya harus absen karena cedera.

    Pada akhirnya, Andalah yang menentukan siapa-siapa yang bakal mengisi susunan tim Anda. Mainkan intuisi Anda meski berbagai macam panduan bisa Anda tengok di dunia maya. Karena toh, skill saja tak cukup untuk bermain FPL tapi juga soal keberuntungan.

    Oiya, detikSport juga punya liga sendiri bernama DetikSport FPL, dengan kode 2547331-793062. Ayo, bergabung sebelum deadline Sabtu (12/8/2017) dinihari WIB pukul 00.45 nanti.

    Liga Inggris Dimulai, Ayo Main Fantasy Premier League!Foto: Infografis Detiksport

    Ada hadiah tentunya menunggu Anda semua. Selamat bersenang-senang dan semoga menang!

    (mrp/fem)
    Load Komentar ...
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game
    fantasy