Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Match Analysis

    Pratinjau Real Madrid vs Bayern Munich

    Madrid vs Bayern: Potensi Hujan Gol dan Pertarungan di Lini Tengah

    Dex Glenniza - detikSport
    Foto: Reuters / Michael Dalder Foto: Reuters / Michael Dalder
    Jakarta - Real Madrid akan bermain di pertandingan leg kedua perempatfinal Liga Champions UEFA dengan keunggulan 2-1. Di leg pertama, Bayern Munich mendominasi babak pertama di Allianz Arena dengan berhasil mencetak satu gol melalui Arturo Vidal. Mereka bahkan hampir menggandakan keunggulan jika sepakan penalti Vidal menjelang akhir babak pertama tidak melambung tinggi.

    Penalti yang gagal dari Vidal tersebut seolah menjadi titik balik, karena di babak kedua yang terjadi justru sebaliknya, yaitu Madrid bermain lebih baik dan berhasil mencetak dua gol melalui Cristiano Ronaldo. Apalagi setelah Javier Martínez diusir oleh wasit.

    Pada leg kedua di Estadio Santiago Bernabéu, Rabu (19/4/2017) dinihari WIB, pertandingan kembali akan berpotensi menjadi parade jual-beli serangan dari kedua raksasa sepakbola Eropa ini.

    Kembalinya Lewandowski

    Tidak seperti di leg pertama, Pelatih Bayern Carlo Ancelotti sudah bisa memainkan penyerang andalannya, Robert Lewandowski. Pekan lalu tanpa Lewandowski, serangan Bayern mengalami kebuntuan padahal mereka sangat dominan di babak pertama dengan berhasil mengeksploitasi pertahanan Madrid melalui umpan silang.

    Real Madrid juga masih belum bisa menurunkan Pepe dan Raphaël Varane yang cedera. Cederanya kedua pemain bertahan Madrid tersebut membuat Nacho kembali akan diduetkan dengan Sergio Ramos di lini pertahanan.

    Hal ini akan membuat Lewandowski berpotensi merepotkan Nacho, terutama ketika situasi umpan silang, seperti yang terjadi di leg pertama ketika Nacho harus menghadapi Vidal. Saat itu, Madrid kebobolan saat situasi set piece di mana Nacho tidak mampu menjaga Vidal dengan baik saat umpan dikirimkan ke dalam kotak penalti.

    Meskipun di babak kedua Nacho mampu bermain lebih baik (7 sapuan, 3 intersep, dan tidak satupun operannya gagal menemui sasaran), ia tetap akan kerepotan menghadapi penyerang asal Polandia tersebut dini hari nanti.

    Potensi Lubang yang Lebih Besar di Pertahanan Bayern

    Namun, Bayern juga tidak bisa kemudian melupakan pertahanan mereka. Absennya Mats Hummels di leg pertama membuat mereka juga sama seperti Madrid, yaitu tereksploitasi melalui umpan-umpan silang.

    Di leg kedua nanti, bahkan Bayern harus kehilangan Martínez yang terkena kartu merah tengah pekan lalu. Dengan absennya Hummels dan Martínez, Ancelotti kemungkinan akan menduetkan Jérôme Boateng dan David Alaba (berposisi alami sebagai full-back), yang akan semakin membuat mereka tereksploitasi melalui bola udara.

    Sama seperti di leg pertama, Bayern masih tergolong beruntung karena memiliki penjaga gawang sekelas Manuel Neuer. Jika bukan karena Neuer, Bayern mungkin sudah kebobolan tiga sampai empat kali di Allianz Arena tengah pekan lalu.

    [Baca juga: Neuer Keren Banget]

    Potensi Perubahan Taktik karena Bale Cedera

    Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mendapatkan modal dua gol tandang melawan Bayern. Akan tetapi, ia harus kehilangan Gareth Bale karena cedera. Di leg pertama, serangan Madrid datang secara bergelombang, dan juga sama seperti Bayern, mereka mengandalkan umpan silang. Bedanya, Madrid juga memainkan serangan balik.

    Akhir pekan lalu, Madrid berhasil menang 3-2 di kandang Sporting de Gijón di La Liga Spanyol karena Isco bermain cemerlang. Cederanya Bale dan cemerlangnya Isco ini mungkin akan membuat Zidane memainkan Isco alih-alih Marco Asensio, James Rodríguez, atau Lucas Vázquez, dinihari nanti.

    Namun jika Zidane memainkan Isco, ia harus sedikit mengubah pendekatan taktiknya. Sebelumnya Zidane sudah terbiasa memainkan 1-4-3-3 dengan dua pemain sayap (Ronaldo dan Bale).

    Jika ia ingin mempertahankan skemanya tersebut, Asensio mungkin adalah pemain yang lebih cocok karena ia sendiri bisa menunjukkannya saat leg pertama dengan bermain sebagai winger. Asensio sendiri berhasil berkontribusi pada gol kedua Ronaldo.

    Sorotan Pertarungan di Lini Tengah

    Real Madrid selalu berhasil mencetak gol dalam 54 pertandingan terakhir mereka di segala kompetisi. Namun, mereka hanya berhasil mencatatkan satu clean sheet di 12 pertandingan terakhir mereka.

    Di sisi lain, Bayern sudah bisa memainkan Lewandowski yang menjanjikan serangan yang lebih berkualitas. Tapi mereka juga harus kehilangan Hummels dan Martínez sehingga pertahanan mereka diragukan.

    Bayern tahu jika mereka harus mencetak minimal dua gol untuk lolos. Dua paragraf di atas yang membuat saya cukup yakin jika dini hari nanti akan terjadi banyak gol. Di saat kita dipersilakan berekspektasi tinggi soal menyerang dan bertahan dari kedua kesebelasan, sebenarnya kita juga bisa mengharapkan hal yang sama dari lini tengah mereka.

    Potensi Hujan Gol dan Pertarungan di Lini Tengah

    Pergerakan tanpa bola para pemain Madrid bisa dibilang sangat baik. Zidane bisa mejaga bentuk tim secara kolektif untuk melakukan pressing baik dari depan, tengah, maupun (yang lebih sering terlihat) dari wilayah pertahanan mereka sendiri.

    Di lain pihak, lini tengah Bayern juga terlihat bagus dengan kemampuan mereka memecah tekanan. Rangkaian permainan yang bergantian ini sangat terlihat di leg pertama, tapi terputus setelah Bayern harus bermain dengan 10 pemain. Diusirnya Martínez ini juga bukan tanpa alasan, karena berawal dari serangan balik Madrid.

    Trio Luka Modrić, Casemiro, dan Toni Kroos di kubu Madrid terus bergantian menjadi pivot terdepan. Sementara Bayern memiliki Thiago Alcántara dan Vidal yang energik. Perhatian terhadap detail-detail kecil ini yang akan membuat leg kedua nanti menjanjikan bukan hanya di produk akhir (gol), tapi juga di pertarungan di lini tengah.


    -----


    * Penulis biasa menulis soal sport science untuk situs @panditfootball, beredar di dunia maya dengan akun @dexglenniza




    (krs/din)
    Load Komentar ...
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com