detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 11 Nov 2020 17:35 WIB

Aprilia Tunjuk Murid Valentino Rossi Sebagai Pengganti Iannone?

Adhi Prasetya - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 06: Marco Bezzecchi of Italy and Sky Racing Team VR46 looks on in box during the free practice for the MotoGP of Europe at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 06, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Bezzecchi digosipkan akan membalap di MotoGP musim depan. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Aprilia harus segera mencari pengganti Andrea Iannone untuk balapan MotoGP 2021. Murid Valentino Rossi, Marco Bezzecchi, difavoritkan mengisi kekosongan tersebut.

Iannone dilarang tampil balapan selama 4 tahun karena kasus doping, usai secara tak sengaja mengonsumsi daging yang terkontaminasi steroid anabolik pada November tahun lalu di MotoGP Malaysia.

Rider Italia itu awalnya dihukum 18 bulan saja, mulai Desember 2019 hingga Juni 2021. Namun hukuman itu diperpanjang hingga Desember 2023 pada Selasa (10/11/2020), setelah Iannone kalah banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Kondisi ini membuat Aprilia, yang tadinya berharap banding Iannone diterima, harus mencari rider pengganti untuk musim depan. Sebab, Iannone secara hukum baru bisa membalap lagi pada MotoGP 2024.

Pada musim ini, pabrikan Italia itu memilih memakai jasa Bradley Smith dan Lorenzo Savadori, di mana keduanya berstatus rider sementara. Namun untuk musim depan, Aprilia harus mencari rider permanen untuk menemani Aleix Espargaro.

Dilaporkan Autosport, Bezzecchi menjadi nama yang mendapat perhatian besar dari Aprilia. Diketahui, rider kelahiran 12 November 1988 itu kini sedang bertanding di Moto2, membela Sky Racing Team VR46, yang merupakan tim milik Rossi.

Pada Moto2 2020, ia sudah enam kali naik podium, dua di antaranya sebagai pemenang. Bezzecchi juga sudah mengumpulkan 155 poin, duduk di posisi keempat dan secara matematis masih berpeluang menjadi juara.

Meski begitu, Aprilia harus bernegosiasi dengan VR46 andaikan ingin merekrut Bezzecchi sebagai rider tetap. Sebab, ia sudah berkomitmen lanjut balapan bersama VR46 di Moto2 tahun depan.

Namun jika hal itu menjadi kenyataan, maka Bezzecchi akan menjadi rider akademi VR46 keempat yang berlaga di MotoGP. Sebelumnya, sudah ada Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia. Luca Marini, yang musim ini juga berlaga di Moto2, sebelumnya sudah dipastikan naik kelas ke MotoGP tahun depan.

Selain Bezzecchi, nama-nama lain yang dikabarkan ikut dikaitkan dengan Aprilia di antaranya Cal Crutchlow dan Tito Rabat.

(adp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com