8 Momen Penting Sepanjang MotoGP 2020

Lucas Aditya - Sport
Senin, 28 Des 2020 12:23 WIB
Spains rider Alex Rins of the Team SUZUKI ECSTAR leads on Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTARand Spains rider Pol Espargaro of the Red Bull KTM Factory Racing in the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz)
8 momen penting di MotoGP 2020. (Foto: AP/Alberto Saiz)
Jakarta -

MotoGP 2020 menyajikan kejuaraan yang tak biasa. Kendati demikian, ada banyak momen penting. Berikut yang dirangkum detikSport.

1. Marc Marquez Cedera Bahu

Petaka terjadi untuk tim Repsol Honda. Setelah musim MotoGP bisa berjalan karena pandemi virus Corona, Marc Marquez malah crash di seri pertama.

Dalam race di MotoGP Spanyol yang berlangsung di Jerez, Baby Alien jatuh. Hasil pemeriksaan menunjukkan Marquez mengalami retak pada tangan kanannya.

Cedera itu memaksa Marquez menjadi penonton di sisa musim 2020.

2. Fabio Quartararo Raih Kemenangan Pertama

Nahas yang dialami Marquez di MotoGP Spanyol menjadi berkah untuk Fabio Quartararo. Dia berhasil meraih kemenangan pertama di kelas primer ajang balap motor.

Penampilan bagus Quartararo berlanjut di MotoGP Andalusia. Dia juga menjadi pemenang dalam balapan yang juga berlangsung di Jerez.

Kendati memenangi tiga seri balapan sepanjang musim --terbanyak di MotoGP 2020, Quartararo gagal juara karena inkonsisten.

3. Rossi-Vinales Selamat dari Maut

MotoGP Austria menyajikan momen horor. Dalam sebuah tikungan, insiden antara Johann Zarco dan Franco Morbidelli sampai membuat motor YZR-M1 milik Italiano itu melayang.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales nyaris terhantam oleh motor Morbidelli itu. The Doctor pun bersyukur bisa lolos dari maut.

[Gambas:Instagram]


4. Rossi Positif Covid-19

Pebalap MotoGP juga tak terhindar dari infeksi virus Corona meski sudah melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Valentino Rossi menjadi pebalap MotoGP pertama yang dinyatakan positif COVID-19 pada pertengahan Oktober. Dia tak boleh start di MotoGP Aragon dan MotoGP Teruel.

Karena kendala lain pada motor, Rossi pun tak maksimal menjalani musim 2020. Dia finis di posisi ke-15 klasemen MotoGP 2020 dengan raihan 66 angka. Rossi lima kali gagal finis di MotoGP 2020.

5. Pengurangan Poin Yamaha

Yamaha mendapatkan pengurangan poin karena melanggar regulasi perubahan mesin sebelum MotoGP Valencia pada 15 November.

Karena kesalahan itu, Yamaha dikurangi 50 poin di klasemen konstruktor. Sementara tim pabrikan tim Garpu Tala mendapat sanksi pengurangan 20 poin dan Petronas Yamaha SRT dikurangi 37 poin.

Sanksi itu membuat kesempatan Yamaha untuk menjadi juara dunia konstruktor tertutup.

6. 9 Pemenang Berbeda

MotoGP 2020 boleh dibilang paling seru. Pemenang di setiap seri tak bisa ditebak.

Dari 14 seri yang digelar, ada sebanyak 9 pemenang berbeda. Yang terakhir, Joan Mir yang menjadi pemenang.

Sebelumnya, Fabio Quartararo, Brad Binder, Andrea Dovizioso, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, Danilo Petrucci, dan Alex Rins yang sudah menang.

Joan Mir, Valentino RossiJoan Mir diselamati oleh Valentino Rossi usai juara dunia MotoGP 2020. Foto: Twitter @MotoGP

7. Joan Mir Juara Dunia

Joan Mir mengunci gelar juara dunia di MotoGP Valencia. Dia menguncinya dengan finis ketujuh.

Hal itu juga didukung dengan hasil buruk yang didapat para pesaingnya di momen kunci. Performa Quartararo melorot bahkan gagal finis di MotoGP Valencia, hingga memudahkan Mir menjadi yang terbaik saat musim 2020 tinggal 1 seri.

Dengan pencapaian Mir itu, Suzuki menjadi juara dunia lagi setelah dua dekade. Terakhir kali Suzuki melahirkan juara dunia pada 2000, saat itu Kenny Roberts Jr juaranya.

8. Ducati Juara Dunia Konstruktor

Ducati meraih gelar juara dunia konstruktor di seri terakhir MotoGP 2020. Jack Miller yang membawa Ducati meraih itu dengan finis kedua di MotoGP Portugal.

Ducati mengumpulkan 221 poin, 17 poin dari Yamaha yang menempati posisi kedua dengan raihan 204 angka. Pabrikan Jepang itu mendapatkan hukuman pengurangan poin.

(cas/krs)