Comeback Sensasional Alex Rins di MotoGP Portugal: Start P23, Finis P4

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Senin, 25 Apr 2022 15:30 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - APRIL 23: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR rounds the bend during the MotoGP Of Portugal - Qualifying at Autodromo do Algarve on April 23, 2022 in Lagoa, Algarve, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Alex Rins start dari posisi ke-23 dan finis keempat di MotoGP Portugal (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider Suzuki Ecstar Alex Rins tampil impresif di MotoGP Portugal meski tidak naik podium. Rins start dari posisi ke-23 dan finis di posisi keempat.

Rins memulai balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (24/4/2022) malam WIB, dari posisi ke-23 usai kualifikasi yang buruk. Dia melakukan start bagus dengan menyodok ke 10 besar hanya dalam lima tikungan.

Rins sudah ada di posisi kedelapan di lap keenam. Sempat berusaha mengejar podium dengan bertarung melawan Aleix Espargaro, Rins akhirnya finis di posisi keempat.

"Tidak mudah untuk melakukannya dengan banyaknya pebalap, start dari posisi ke-23 dan finis keempat," ujar Rins kepada situs MotoGP.

"Saya agak kesulitan, dengan ban depan apalagi di akhir balapan. Karena saya sangat ngotot sepanjang balapan untuk menyalip dan saya agak memaksa mengerem di tikungan pelan."

"Saya berpikir soal podium, tapi ketika saya mencoba menyalip Aleix (Espargaro), dia sedikit lebih kuat daripada saya dan dari sana, saya mulai kesulitan dengan ban depan di 10 lap terakhir di tikungan kanan."

"Di empat lap terakhir, saya melihat (Miguel) Oliveira berjarak 3,5 detik dan saya memilih untuk bertahan. Saya memilih untuk menyelesaikan balapan karena ada poin penting untuk klasemen."

Tambahan poin di MotoGP Portugal membuat Alex Rins kini mengumpulkan 69 poin, sama dengan Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen MotoGP. Hasil ini membuat Rins percaya diri menatap MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

"Saya super percaya diri karena pekan ini tidak mudah buat kami. Sangat kesulitan di hari Jumat di kondisi basah. Kualifikasi di hari Sabtu juga jelek karena kesalahan strategi," ucap Rins.

"Perbedaannya mencolok antara kemarin dan hari ini. Kemarin kami tidak merasa akan melakukan perayaan tapi sekarang kami boleh gembira dengan balapan ini."

"Saya tidak pernah berhenti percaya kepada diri sendiri, sejak kemarin saya tahu saya bisa balapan dengan baik dan kami melakukannya. Berkat ini, saya bisa mendapat poin, sama dengan Fabio."

"Terlalu awal untuk berpikir soal kejuaraan jadi sekarang kami akan ke Jerez untuk menikmati MotoGP Spanyol dan melihat fans datang ke sirkuit," kata Alex Rins.

(nds/adp)