sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 13:49 WIB

Setelah 40 Tahun, Perempuan Iran Bisa Nonton Sepakbola di Stadion

Yanu Arifin - detikSport
Halaman 1 dari 2
Suporter perempuan sepakbola di Iran. (Foto: Khaled DESOUKI / AFP) Suporter perempuan sepakbola di Iran. (Foto: Khaled DESOUKI / AFP)
Teheran - Penantian panjang perempuan-perempuan Iran terwujud. Kini, mereka bisa menyaksikan langsung pertandingan sepakbola di stadion usai dilarang selama 40 tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, Iran akhirnya memperbolehkan perempuan ke stadion untuk menyaksikan pertandingan sepakbola secara langsung. Hal itu setelah FIFA membuat ancaman bakal membekukan federasinya.

Jelang pertandingan Iran vs Kamboja dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Azadi, Teheran, Kamis (10/10), dilaporkan kantor berita Irna terjual sebanyak 3.500 tiket kepada perempuan Iran sejak dijual pada Jumat lalu.




FIFA mendapat laporan, akan ada 4.600 tiket yang akan dijual, dari total 78 ribu kapasitas stadion. Jumlah itu diharapkan FIFA bertambah seiring permintaan.

"Saya masih tak percaya ini terjadi sebab setelah bertahun-tahun menyaksikannya di TV, saya bisa mengalaminya secara langsung. Saya akan bisa merasakan bagaimana tribune, dan menonton laganya sendiri," kata jurnalis perempuan Iran Raha Purbakhsh kepada AFP.

"Ini adalah momen bersejarah untuk sepakbola Iran, juga untuk perempuan Iran yang memprotes meski berisiko ditangkap dan bakal dikirim ke penjara Evin, penjara bagi tahanan politik di Teheran," ungkap penulis sepakbola James Montague secara terpisah, seperti dilansir CNN. (yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com