Mantap! Ajax Lebur Trofi Liga Belanda, lalu Dibagi-bagi ke Fans

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 13 Mei 2021 08:30 WIB
Amsterdam -

Sebuah langkah tak biasa dilakukan Ajax Amsterdam usai menjuarai Liga Belanda. Mereka meleburkan trofi yang mereka raih, lalu mengubahnya menjadi bintang kecil untuk dibagi-bagikan kepada fans.

Setelah kompetisi musim lalu dibatalkan karena pandemi COVID-19, Liga Belanda musim ini dilangsungkan nyaris tanpa penonton. Di pengujung musim, Ajax keluar sebagai juara, meraih trofi liga yang ke-35 sepanjang sejarah.

Namun usai memenangi gelar, Ajax memutuskan untuk melelehkan trofi itu, dan sebagai gantinya, mereka membuat 42 ribu bintang kecil dari logam tersebut.

Angka 42 ribu berasal dari jumlah pemegang tiket musiman Ajax, dan bintang-bintang tersebut nantinya akan dikirim kepada para pemilik tiket terusan tersebut sebagai tanda terima kasih telah mendukung mereka di tengah masa sulit.

Dengan begitu, Ajax tetap bisa berbagi kebahagiaan menjadi juara Eredivisie bersama fans, yang tak semuanya bisa hadir ke Johan Cruijff ArenA untuk mendukung perjuangan Dusan Tadic dkk.

"Musim ini, kami nyaris selalu bermain tanpa kehadiran suporter di tribune. Meski begitu, kami tetap merasakan dukungan dari mereka setiap pekan. Mulai dari perjalanan ke stadion, di media sosial, dan juga kontak langsung dengan kami," kata General Director Ajax, Edwin Van der Sar.

Musim ini, Ajax hanya dua kali bermain di hadapan suporter mereka, tepatnya di pekan kedua dan ketiga, menghadapi RKC Waalwijk dan Vitesse Arnhem. Itu pun yang hadir tak lebih dari 13 ribu orang, padahal kapasitas stadion mereka mampu menampung lebih dari 55 ribu. Sisanya, mereka mengarungi musim di stadion kosong.

Setiap bintang yang diberikan kepada suporter Ajax memiliki berat 3,45 gram, namun hanya 0,06 gram yang berasal dari trofi yang dileburkan tersebut. Ini agar semua pemegang tiket mendapat 'kepingan' dari trofi tersebut.

Langkah ini pun diapresiasi Federasi Sepakbola Belanda (KNVB). Mereka akhirnya memberikan trofi kedua pada Ajax, sehingga tetap ada yang bisa mereka simpan di lemari gelar.

(adp/mrp)