Kilas Balik Turki Vs Italia: Kala Gol Salto Conte Menangkan Gli Azzurri

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 11 Jun 2021 21:15 WIB
11 Jun 2000:  Fatih Akyel of Turkey blocks Filippo Inzaghi of Italy during the European Championships 2000 Group Stage match played at the Gelredome, in Arnhem, Holland. Italy won the match 2-1.  Mandatory Credit: Shaun Botterill /Allsport
Filippo Inzaghi (kanan) dihalau oleh Fatih Akyel. Foto: Getty Images/Shaun Botterill
Jakarta -

Turki vs Italia akan menjadi laga pembuka Piala Eropa 2020. Kedua tim juga pernah bertemu di ajang yang sama 21 tahun silam, di mana kala itu Gli Azzurri keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Italia dan Turki saat itu tergabung dalam Grup B bersama Swedia dan Belgia yang menjadi tuan rumah bersama Belanda. Pertandingan Turki vs Italia berlangsung di Stadion GelreDome, Arnhem, pada 11 Juni 2000.

Sebagai salah satu tim kandidat juara, serta memiliki kompetisi yang dianggap terbaik se-Eropa kala itu, Italia jelas diunggulkan. Apalagi Turki bukanlah tim langganan turnamen, dan Euro 2000 adalah kali kedua Hakan Sukur dkk ambil bagian di pesta sepakbola benua biru tersebut.

Dimotori pemain-pemain yang seluruhnya bermain di Serie A, seperti Filippo Inzaghi, Francesco Totti, Paolo Maldini, Antonio Conte, hingga Fabio Cannavaro, Italia diprediksi menang mudah. Namun kenyataan di lapangan berbeda jauh.

Italia kesulitan menembus pertahanan Turki. Babak pertama bahkan berakhir 0-0. Barulah di babak kedua, kebuntuan itu terpecahkan lewat.

Di menit ke-52, Conte menyarangkan bola ke gawang Rustu Recber lewat tendangan salto, memanfaatkan bola sapuan buruk dari bek Turki, Alpay Özalan. Italia berpesta, langkah menuju kemenangan dimulai.

Namun Turki bukanlah tim penggembira. Dengan skuad didominasi pemain Galatasaray yang saat itu baru saja menjuarai Piala UEFA 2000, mental skuad The Crescent-Stars tak mudah padam. 10 menit usai gol Conte, mereka menyamakan kedudukan.

Pelanggaran Maldini kepada Umit Davala, yang kelak menjadi rekan setim di AC Milan, berbuah tendangan bebas. Okan Buruk berhasil memanfaatkannya menjadi gol, setelah sundulannya gagal diselamatkan Francesco Toldo yang terlalu maju meninggalkan gawangnya.

Pada akhirnya, Italia tetap menjadi pihak yang tersenyum di akhir. Gol kedua hadir di menit ke-70 lewat penalti Inzaghi. Sebelumnya, striker Juventus itu disenggol oleh Ogün Temizkanoğlu di kotak terlarang.

11 Jun 2000:  Filippo Inzaghi of Italy scores the winner from the penalty spot during the European Championships 2000 group match against Turkey at the Gelredome in Arnhem, Holland.  Italy won the match 2-1.  Mandatory Credit: Graham Chadwick /AllsportMomen Inzaghi mencetak gol kedua Italia. Foto: Getty Images/Graham Chadwick

Italia kemudian melaju ke fase gugur usai memenangi dua laga lainnya, mengoleksi 9 poin. Begitu pula Turki, yang setelah kalah dari Italia mampu bangkit dan menjadi runner-up grup dengan raihan 4 poin.

Kedua tim akan kembali bertemu dalam penyisihan Grup A Piala Eropa 2020, Sabtu (12/6/2021) pukul 02.00 WIB, dan disiarkan langsung oleh RCTI.

Susunan pemain

Turki: Recber, Havutcu, Temizkanoglu, Akyel, Ozalan, Buruk (Penbe 88'), Sukur, Yalcin (Erdem 81'), Korkut, Ercan, Davala (Kerimoglu 76').

Italia: Toldo, Maldini, Albertini, Cannavaro, Conte, Inzaghi, Pessotto (Iuliano 62'), Nesta, Zambrotta, Fiore (Del Piero 75'), Totti (Di Livio 83').

(adp/raw)