Pelatih Denmark: Kami Harusnya Pulang Saja Usai Eriksen Kolaps

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 10:17 WIB
Kopenhagen -

Pelatih Denmark Kasper Hjulmand menyesali keputusan melanjutkan laga melawan Finlandia usai Christian Eriksen kolaps. Para pemainnya dihadapkan pada pilihan sulit.

Duel Denmark vs Finlandia di laga pertama Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Kopenhagen, Sabtu (12/6/2021) malam WIB, diwarnai insiden mengerikan. Eriksen tiba-tiba tumbang tak sadarkan diri jelang berakhirnya babak pertama.

Gelandang berusia 29 tahun itu langsung mendapat pertolongan dari tim medis di atas lapangan. Eriksen kemudian dibawa ke rumah sakit.

Kejadian tersebut membuat para pemain Denmark syok. Mereka terlihat sangat terpukul dan beberapa di antaranya tertangkap kamera menangis ketika Eriksen tergeletak di atas lapangan.

Pertandingan yang sempat terhenti pada akhirnya dilanjutkan. Denmark menutup laga dengan kekalahan 0-1 setelah Joel Pohjanpalo mencetak gol untuk Finlandia di menit ke-60.

Soal pertandingan Denmark vs Finlandia, UEFA memberikan opsi kepada para pemain untuk memilih langsung kembali lanjut bertanding lagi atau meneruskan pertandingan keesokan harinya. Pelatih Denmark Kasper Hjulmand merasa pilihan tersebut tak ada yang tepat.

"Saya tahu ini sangat sulit, tapi kalau dilihat-lihat lagi, saya kira tidak tepat membuat keputusan dengan para pemain dengan skenario ini," ujar Hjulmand dalam konferensi pers, Minggu (13/6/2021), seperti dilansir Mirror.

"Para pemain yang dalam kondisi syok, mereka belum benar-benar tahu apakah mereka kehilangan sahabatnya. Mereka harus memutuskan di antara dua pilihan. Saya kira kami seharusnya tidak main, tapi saya tahu itu sulit."

"Kami seharusnya pulang saja dan melihat besoknya seperti apa, tapi itu cuma perasaan saya sekarang. Saya kira ini keputusan yang sangat berat dan pesan yang berat bahwa para pemain mencoba membuat keputusan."

"Saya tahu ini sulit, tapi saya merasa kalau para pemain berpikir membuat keputusan itu keliru," katanya.

Denmark selanjutnya akan menghadapi Belgia di laga kedua Grup B Euro 2020 pada Kamis (17/6/2021) malam WIB.

"Saya menangkap dari para pemain kalau mungkin waktunya terlalu singkat untuk mencoba bertanding lagi, tapi mungkin kami bisa menggunakannya sebagai dorongan untuk lebih solid dan mencoba melakukan yang terbaik di laga berikutnya," ucap Hjulmand.

Dokter timnas Denmark menyatakan kalau Christian Eriksen mengalami henti jantung. Gelandang Inter Milan itu kini dalam kondisi stabil.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/mrp)