Memphis Depay Bersinar di Euro 2020, Nistelrooy Kaget Gak?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 26 Jun 2021 13:10 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - JUNE 17: Memphis Depay of Netherlands celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group C match between the Netherlands and Austria at Johan Cruijff Arena on June 17, 2021 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Olaf Kraak - Pool/Getty Images)
Ruud van Nistelrooy terkesan dengan mentalitas Memphis Depay. (Foto: Getty Images/Olaf Kraak - Pool)
Jakarta -

Tak terlalu banyak hiruk pikuk soal Memphis Depay di Euro 2020, kecuali soal kepindahannya ke Barcelona. Tapi penyerang Belanda itu punya kontribusi yang besar.

Memphis Depay jadi andalan di lini depan Belanda sepanjang Euro 2020. Ia memang masih kalah gol dari Georginio Wijnaldum yang sudah tiga kali menjebol lawan di timnas Belanda, namun tak kalah krusial untuk Der Oranje.

Pemain 27 tahun itu mengoleksi dua gol dari tiga laga, plus membuat dua assist sebagaimana dicatat UEFA. Keberhasilan Belanda lolos dengan nilai sempurna dari fase grup tentu tak lepas dari perannya juga.

Tapi Depay memang sudah bangkit dan menghidupkan lagi kariernya setelah dianggap gagal di Manchester United. Mantan pemain PSV Eindhoven ini tajam selama bermain untuk Lyon, menorehkan 76 gol dan membuat 55 assist dari 178 laga.

Itu pula yang membuat Barcelona tertarik, selain faktor Ronald Koeman di posisi pelatih. Koeman niscaya sudah tahu betul kualitas dan kemampuan Memphis Depay.

Penyerang legendaris Belanda, Ruud van Nistelrooy, yang kini menjadi staf pelatih Frank de Boer di timnas, tak terkejut dengan performa apik sang pemain. Buat Nistelrooy, Depay sudah selalu menunjukkan mentalitas juara.

"Memphis, ini anak yang saya lihat punya konsentrasi spesifik. Dia punya keyakinan, punya hasrat untuk menjadi yang terbaik di tim yang dia bela. Itu sesuatu yang menurut saya indah untuk disaksikan," ungkap mantan pemain Manchester United ini seperti dikutip Marca.

(raw/krs)