Hal-hal Ini Masih Bisa Messi Bidik, Termasuk soal Ronaldo

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 20 Jul 2021 16:45 WIB
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JULY 10: Lionel Messi of Argentina celebrates after winning the final of Copa America Brazil 2021 between Brazil and Argentina at Maracana Stadium on July 10, 2021 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Buda Mendes/Getty Images)
Hal-hal Ini Masih Bisa Messi Bidik, Termasuk soal Ronaldo. Foto: Getty Images/Buda Mendes
Jakarta -

Lionel Messi kini punya gelar bergengsi di timnas Argentina, melengkapi segala pencapaian pribadinya dan saat membela klub Barcelona. Apa lagi selanjutnya?

Gelar juara Copa America 2021 bersama Argentina merupakan pencapaian paling anyar dalam karier mentereng La Pulga. Dalam waktu dekat, Messi tampaknya juga akan memperpanjang kebersamaan dengan Barca usai kontraknya habis.

Bersama Barca pula pemain 34 tahun itu sudah meraih puluhan trofi. Situs Barca merincinya sebanyak 35 trofi. Sederet pencapaian pribadi pun disabet Messi, seperti gelar top skor sejumlah kompetisi dan Ballon d'Or.

Trofi Messi di Barcelona:

LaLiga 10
Piala Super Spanyol 8
Copa del Rey 7
Liga Champions 4
Piala Dunia Antarklub 3
Piala Super Eropa 3

Lantas apa berikutnya?

Piala Dunia. Hal ini bisa jadi bakal dicanangkan Lionel Messi untuk diraihnya bersama Argentina pada gelaran tahun depan. Trofi Piala Dunia tentu saja akan menjadi pelengkap manis dalam karier gemilang Lionel Messi.

Liga Champions. Walaupun sudah beberapa kali merengkuh si Kuping Besar, meraihnya satu kali lagi di pengujung karier tentu akan jadi sangat istimewa. Setelah kembali menaklukkan Eropa, Messi bisa pulang kampung dan merumput di Argentina menuju akhir karier.

Trofi terbanyak. Dengan karier sementereng Lionel Messi, akan luar biasa jika menyudahinya sebagai pemain dengan jumlah piala paling banyak. Saat ini Messi total punya 38 trofi, kalah dari dua nama yang juga eks rekan setimnya di Barcelona, Andres Iniesta (39 trofi) dan Dani Alves (42 trofi). Sementara di level klub saja, koleksi 35 trofi Messi cuma terpaut satu dari rekor Ryan Giggs.

Melampaui Cristiano Ronaldo. Messi punya rivalitas tersendiri dengan Ronaldo, dengan mereka berdua sejatinya merupakan pemain top yang sulit dibandingkan satu sama lain. Tapi tentu saja akan jadi pencapaian tersendiri jika bisa mengungguli sang rival.

Barcelona's Lionel Messi, left, shakes has with Juventus' Cristiano Ronaldo prior of the start of the Champions League group G soccer match between FC Barcelona and Juventus at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, Dec. 8, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Foto: (AP/Joan Monfort)

Cristiano Ronaldo, yang sudah membela Juventus, masih memiliki sejumlah rekor di Spanyol semasa membela Real Madrid. Salah satunya adalah yang ia pegang bersama-sama Messi, dalam hal jumlah hat-trick dalam satu musim. Keduanya sama-sama pernah membuat 8 hat-trick dalam satu musim, dengan Messi melakukannya pada 2011/2012 dan Ronaldo pada 2014/2015.

Persaingan kedua pemain pun turut hadir dalam pengakuan sebagai pemain terbaik lewat penghargaan indvidu sarat gengsi, Ballon d'Or. Saat ini Messi memang mengungguli Ronaldo dengan raihan enam berbanding tujuh, tapi tambahan satu lagi akan bikin jarak itu makin melebar.

Satu lagi yang bisa jadi target Lionel Messi terkait Ronaldo adalah dalam hal top skor Liga Champions. Saat ini Cristiano Ronaldo masih bertengger sebagai pemain tersubur dalam sejarah ajang itu lewat 134 gol (mengecualikan fase kualifikasi), unggul atas 120 gol Messi.

(krs/rin)