Tegas! China Larang Pesepakbola Tim Nasional Tatoan

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 30 Des 2021 15:11 WIB
SHARJAH, UNITED ARAB EMIRATES - JUNE 15: Zhang Linpeng during the 2022 FIFA World Cup Asian Qualifiers Group A between China and Syria at Sharjah Stadium on June 15, 2021 in Sharjah, United Arab Emirates.  (Photo by Neville Hopwood/Getty Images)
Zhang Linpeng, pemain tim nasional China yang bertato. (Foto: Getty Images/Neville Hopwood)
Beijing -

Kebijakan baru diberlakukan tim nasional China kepada para pemainnya. Dengan tegas, Negeri Panda tidak mau ada penggawa kesebelasan nasionalnya yang bertato!

Tato merupakan pemandangan lumrah bagi pesepakbola, hingga menjadi salah satu hobi. Di China pun ada pula pemain bintangnya semisal Zhang Linpeng yang merajah tubuh.

Kendati demikian, tato rupanya masih dianggap contoh kurang baik oleh China. Administrasi Umum Olahraga Negara, badan resmi pemerintah China untuk urusan olahraga, mengimbau Asosiasi Sepakbola China (CFA) melarang para pemain tim nasional bertato.

Dalam sebuah pernyataan berjudul "Saran untuk Memperkuat Manajemen Pemain Sepakbola", Administrasi Umum Olahraga Negara menyerukan para pemain tim nasional China tidak membuat tato baru. Bagi yang sudah memiliki tato diimbau untuk menghapusnya, atau menutupi tato itu selama latihan dan pertandingan.

Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk tim nasional senior China saja. Administrasi Umum Olahraga Negara berharap aturan disiplin ini turut diberlakukan ke semua kelompok umur.

"Tim nasional di semua tingkatan akan secara ketat menerapkan persyaratan yang relevan dari tindakan manajemen ... (dan) sepenuhnya menunjukkan semangat positif pemain sepakbola China dan memberikan contoh yang baik bagi masyarakat," tulis Administrasi Umum Olahraga Negara dalam pernyataannya, dilansir dari Channel News Asia.

AL AIN, UNITED ARAB EMIRATES - JANUARY 20:  Zhang Linpeng of China avoids a tackle from Chanathip Songkrasin and Theerathon Bunmathan of Thailand  during the AFC Asian Cup round of 16 match between Thailand and China at Hazza Bin Zayed Stadium on January 20, 2019 in Al Ain, United Arab Emirates.  (Photo by Francois Nel/Getty Images)Zhang Linpeng menutupi tato di lengannya saat duel China vs Thailand di Piala Asia. (Foto: Getty Images/Francois Nel)

"Tim nasional dan atlet tim nasional U23 dilarang keras memiliki tato baru, dan mereka yang sudah memiliki tato disarankan untuk menghapusnya sendiri. Jika ada keadaan khusus yang disepakati oleh tim, (pemain) harus menutupi tato selama latihan dan pertandingan," ujarnya.

Tidak hanya larangan bertato, Administrasi Umum Olahraga Negara juga mengharapkan adanya 'kegiatan pendidikan ideologis dan politik' untuk skuad tim nasional China. Hal ini dimaksudkan guna memperkuat pendidikan patriotik para pemain.

Tim nasional China saat ini terpuruk di Grup B kualifikasi ketiga Piala Dunia 2022 zona Asia. Dragon's Team berada di posisi kelima dengan lima poin dari enam pertandingan, hanya unggul dari Vietnam yang mendekam di dasar klasemen tanpa meraih satu pun poin.

(bay/cas)