Swedia Juga Tolak Lawan Rusia, Minta FIFA Ambil Sikap

ADVERTISEMENT

Swedia Juga Tolak Lawan Rusia, Minta FIFA Ambil Sikap

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 27 Feb 2022 08:30 WIB
SOLNA, SWEDEN - NOVEMBER 18: Mattias Svanberg of Sweden (center) celebrates with his team after scoring his sides second goal during the UEFA Euro 2020 Qualifier between Sweden and Faroe Islands at Friends Arena on November 18, 2019 in Solna, Sweden. (Photo by Linnea Rheborg/Getty Images)
Pemain Timnas Swedia. (Foto: Linnea Rheborg/Getty Images)
Stockholm -

Asosiasi Sepakbola Swedia menyatakan enggan bermain melawan Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka juga meminta FIFA mengambil sikap secepatnya.

Invasi Rusia ke Ukraina yang berlangsung sejak Kamis (24/2/2022), membuat banyak pihak mengecam. Gelombang protes salah satunya datang dari dunia sepakbola.

Beberapa negara, seperti Polandia, Swedia, dan Republik Ceko, sudah membuat sikap tidak mau bermain di Rusia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Keempatnya memang sedang bersaing di Playoff, dan dijadwalkan bertanding pada 24 dan 29 Maret mendatang.

Setelah kondisi perang belum juga surut, Polandia meningkatkan ketegasan sikapnya dengan menolak bertanding sama sekali melawan Rusia. Kini, keputusan serupa juga diambil Swedia.

"Dewan Asosiasi Sepakbola Swedia telah memutuskan bahwa tim nasional pria Swedia tidak akan memainkan pertandingan playoff melawan Rusia, di mana pun pertandingan itu dimainkan. Dewan Federal juga mendesak FIFA untuk membatalkan pertandingan play-off pada bulan Maret di mana Rusia berpartisipasi," tulis pernyataan Asosiasi Sepakbola Swedia di situs resminya.

Swedia dijadwalkan melawan Ceko di Friends Solna, Swedia, 24 Maret mendatang. Jika menang, Swedia akan melawan pemenang Rusia vs Polandia, lima hari berselang. Jika pun tidak melawan Rusia, laga memang akan digelar di Moskow.

Ketua Asosiasi Sepakbola Swedia, Karl-Erik Nilsson, juga menegaskan sikapnya tidak main-main. Ia mengatakan, jika FIFA tetap menggelar laga, dan ada kemungkinan Swedia menghadapi Rusia, mereka akan tetap menolak bertanding.

"Invasi ilegal dan sangat tidak adil ke Ukraina saat ini membuat semua pertandingan sepakbola dengan Rusia menjadi tidak mungkin. Karena itu, kami mendesak FIFA untuk memutuskan pertandingan playoff bulan Maret, di mana Rusia berpartisipasi, dibatalkan. Tetapi terlepas dari apa yang dipilih FIFA untuk dilakukan, kami tidak akan bermain melawan Rusia pada bulan Maret," kata Nilsson.

(yna/pur)

ADVERTISEMENT