ADVERTISEMENT

Mourinho Dulu Bikin Guardiola Capek Sampai Istirahat Setahun?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 14 Mei 2022 17:00 WIB
MADRID, SPAIN - APRIL 16: Barcelona manager (L) Josep Guardiola shakes hands with head coach Jose Mourinho of Real Madrid before the start of the La Liga match between Real Madrid and Barcelona at Estadio Santiago Bernabeu on April 16, 2011 in Madrid, Spain.  (Photo by Denis Doyle/Getty Images)
Pep Guardiola dan Jose Mourinho dalam laga Barcelona lawan Real Madrid. Foto: Denis Doyle/Getty Images
Jakarta -

Pep Guardiola pernah istirahat dari sepakbola sampai 1 tahun lamanya usai melatih Barcelona. Bisa jadi itu berkaitan dengan Jose Mourinho.

Guardiola mulai melatih Barca di tahun 2008. Sebelum cabut di tahun 2012, ia memoles Blaugrana tampil dominan dengan raihan tiga gelar LaLiga beruntun dan dua trofi Liga Champions.

Masa-masa itu sendiri turut memunculkan persaingan Pep Guardiola dengan Jose Mourinho, yang pada tahun 2010 mulai menangani Real Madrid -- rival abadi Barcelona.

Di bawah arahan Mourinho, El Real mampu menyetop dominasi Barca-nya Guardiola dengan menjadi kampiun musim 2011/2012. Real Madrid ketika itu juara dengan 100 poin, unggul sembilan angka atas Barcelona.

Pep Guardiola meninggalkan Barca di akhir musim tersebut. Ia beristirahat satu tahun sebelum akhirnya kembali melatih, dengan menangani klub Jerman Bayern Munich mulai Juni 2013.

Teori Gerard Pique: Mourinho Bikin Guardiola Capek

Mengenang kembali masa-masa itu, Gerard Pique beranggapan bahwa Pep Guardiola sudah kelelahan karena berusaha meladeni segala tingkah-polah Jose Mourinho. Atau secara spesifik, psy war darinya.

"Mourinho, dalam jumpa pers-nya, ia selalu... kamu tahulah gayanya," kata Pique kepada Gary Neville di The Overlap.

"Menurutku, sampai satu titik, Guardiola merasa sudah sampai batasnya. Saat itu apa yang terjadi di luar lapangan malah menjadi lebih penting."

BARCELONA, SPAIN - APRIL 28: Barcelona manager Josep Guardiola looks on as Inter Milan manager Jose Mourinho talks to Daniel Alves of Barcelona during the UEFA Champions League Semi Final Second Leg match between Barcelona and Inter Milan at Camp Nou on April 28, 2010 in Barcelona, Spain.  (Photo by Michael Regan/Getty Images)Pep Guardiola menghadapi Jose Mourinho yang ketika itu masih melatih Inter Milan. Foto: Getty Images/Michael Regan

"Aku ingat Mourinho juara liga dan di tahun itu Guardiola tiba-tiba memutuskan untuk pergi. Aku yakin bahwa apa yang terjadi dengan Mourinho adalah sebagian alasannya, ia merasa sudah tak kuat lagi."

Jose Mourinho punya reputasi sebagai juru taktik yang juga cerdik menyusun kata-kata, dalam menebar perang urat syarat dengan kubu lawan. Pique merasa Guardiola terkena imbasnya. Ia larut dalam psy war Mourinho, yang dalam sejumlah kesempatan tidak semata menyoal pertarungan di atas lapangan selama 2x45 menit permainan.

"Aku ingat semifinal Liga Champions di Bernabeu, ia menjalani sebuah jumpa pers yang luar biasa tapi isinya bukan bicara soal sepakbola," ucap Pique.

"Ia orang yang suka membicarakan apa yang terjadi di lapangan tapi saat itu ada momen ketika jumpa pers tersebut lebih fokus kepada apa yang terjadi di luar lapangan."

(krs/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT