Impian Italia ke Piala Dunia 2022: Rumor Gantikan Iran, lalu Ekuador

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 12:30 WIB
REGGIO NELLEMILIA, ITALY - SEPTEMBER 08: Giovanni Di Lorenzo of Italy celebrates with Bryan Cristante and team mates after scoring their sides fifth goal during the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between Italy and Lithuania at Mapei Stadium - Citta del Tricolore on September 08, 2021 in Reggio nellEmilia, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Timnas Italia masih berharap masuk ke Piala Dunia 2022. (Foto: Getty Images/Marco Luzzani)
Jakarta -

Timnas Italia masih mengejar asa bermain di Piala Dunia 2022. Berbagai rumor memunculkan harapan Azzurri tampil di Qatar menggantikan Iran atau Ekuador.

Mimpi Italia bertarung di Piala Dunia Qatar 2022 kandas di fase play-off. Anak asuh Roberto Mancini secara mengejutkan tumbang dari Makedonia Utara 0-1.

Kegagalan ini menjadi yang kedua kalinya dalam empat tahun terakhir. Italia sebelumnya juga gagal menembus putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kendati demikian, berembus berbagai isu Italia masih punya peluang tampil di Qatar. Gianluigi Donnarumma dkk bisa masuk menggantikan negara-negara yang terancam sanksi FIFA.

Aturan FIFA menyebut, tim yang dicoret dari keikutsertaan di Piala Dunia akan digantikan kesebelasan dengan rangking tertinggi. Italia memenuhi syarat tersebut.

Rumor Italia Menggantikan Iran

Tim pertama yang diklaim terancam dicoret yakni Iran. Negeri Para Mullah dibayangi sanksi FIFA gegara melarang 2.000 penonton perempuan menyaksikan langsung kualifikasi Piala Dunia 2022 di stadion.

Kenyataannya, FIFA tidak menjatuhkan sanksi larangan tampil di Piala Dunia kepada Iran. Anggota eksekutif FIFA, Evelina Christillin, bahkan menilai gagasan Italia masuk menggantikan Iran di Qatar 2022 tak lebih dari utopia semata.

"Kami tidak pernah membahas soal mengeluarkan Iran dari Piala Dunia. Bahkan jika itu terjadi, maka jatahnya akan dipromosikan kepada tim Asia lainnya," kata Christillin kepada Radio Uno awal April lalu.

"Mari kita singkirkan ide ini dari kepala kita bahwa Italia bisa lolos ke Piala Dunia. Itu jelas tidak mungkin dan klaim mereka bisa dipanggil kembali adalah utopia," pungkasnya.

[Halaman Selanjutnya: Rumor Italia Menggantikan Ekuador]