5 Fakta Menarik J1 League 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 21 Mei 2022 14:00 WIB
Skuad Shimizu S-Pulse, JLeague
Foto: Dok. JLeague
Jakarta -

J1 League adalah salah satu liga terbaik di Asia. Kompetisi sepakbola profesional Jepang yang digelar sejak 1993 itu pun punya sederet cerita dan fakta menarik di musim 2022.

Kompetisi J1 League 2022 masih diikuti oleh 18 tim. Kawasaki Frontale menyandang juara bertahan, dengan catatan juara empat kali dalam lima musim terakhir.

Khusus musim ini, ada beberapa fakta unik yang tersaji dari tim-tim yang bertarung di J1 League. Mari simak beberapa di antaranya.

1. Jarak

Musim ini, 18 tim J1 League tersebar dari seluruh penjuru Jepang. Hokkaido Consadole Sapporo menjadi tim yang berasal dari paling Utara, tepatnya dari Kota Sapporo di Pulau Hokkaido.

Sedangkan Sagan Tosu adalah tim paling Selatan, berasal dari Kota Tosu di Pulau Kyushu. Laga Hokkaido Consadole Sapporo melawan Sagan Tosu pun menjadi laga terjauh antara dua tim musim ini di J1 League, dengan kedua kota berjarak lebih dari 1.400 km.

Sedangkan laga terdekat mempertemukan Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale yang sama-sama berasal dari Prefektur Kanagawa. Kandang kedua tim berjarak tak lebih dari 15 km saja.

2. Sebaran klub J1 League

Prefektur Kanagawa menjadi daerah terpadat soal tim J1 League musim 2022. Musim ini, ada tiga tim yang berasal dari Kanagawa. Selain Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale, ada pula Shonan Bellmare.

Selain itu, ada Prefektur Shizuoka yang memiliki dua tim: Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata. Jumlah klub dari Prefektur Shizuoka sama dengan Prefektur Osaka yang juga memiliki dua tim: Gamba Osaka serta Cerezo Osaka. Sisanya, 11 tim lain berasal dari 11 prefektur yang berbeda.

Gamba Osaka, JLeagueSkuad Gamba Osaka di J1 League. Foto: Dok. JLeague

Dari empat pulau terbesar di Jepang, Pulau Honshu menjadi yang terpadat dengan memiliki 15 tim J1 League musim ini. Dua tim berasal dari pulau Kyushu yaitu Sagan Tosu dan Avispa Fukuoka.

Sedangkan Pulau Hokkaido menyumbang satu tim, Hokkaido Consadole Sapporo. Musim ini tak ada wakil dari Pulau Shikoku di gelaran Meiji Yasuda J1 League.

[Bagaimana dengan tiga fakta menarik sisanya? Simak di halaman selanjutnya!]