Alasan Ini Bikin Guardiola Dinilai Layak Latih Timnas Inggris

ADVERTISEMENT

Alasan Ini Bikin Guardiola Dinilai Layak Latih Timnas Inggris

- Sepakbola
Jumat, 01 Jul 2022 20:15 WIB
Manchester Citys head coach Pep Guardiola gestures during the English Premier League soccer match between Wolverhampton Wanderers and Manchester City at Molineux stadium in Wolverhampton, England, Wednesday, May 11, 2022. (AP Photo/Rui Vieira)
Foto: AP/Rui Vieira
London -

Pep Guardiola sudah lama dikaitkan dengan Timnas Inggris. Ada alasan mengapa pelatih Spanyol itu dirasa layak memimpin The Three Lions.

Guardiola kini sedang menjadi manajer Manchester City, yang ia lakoni sejak 2016. Kedatangannya sedikit banyak mengubah wajah permainan kompetisi di Inggris.

Dengan kontraknya akan habis 2023, Guardiola mulai dirumorkan melatih ke klub lain. Salah satunya adalah Timnas Inggris.

Inggris kini dipimpin Gareth Southgate. Meski bisa membawa Harry Kane dkk ke final Piala Eropa 2020 tahun lalu, fans mulai melontarkan kritik karena trofi tak juga diraih.

Ketika Inggris dihajar Hungaria 0-4 bulan lalu, Southgate dikecam lewat chants 'You don't know what you're doing' oleh fans.

Kontrak Southgate awalnya akan habis setelah Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini, namun kemudian diperpanjang sampai 2024. Kini, ada desakan agar FA menunjuk Pep Guardiola saja.

Dua mantan pemain Inggris, Darren Bent dan Jack Wilshere, menilai Guardiola punya hal yang bisa membantunya melatih Inggris. Salah satunya adalah banyak pemainnya di City adalah penggawa timnas.

"Saya pikir dia bisa melakukannya dengan lebih baik bersama pemain-pemain itu. Setengahnya bermain di tim dia," kata Bent, yang punya 13 caps di Inggris, kepada talkSport.

"Gareth tidak lebih baik dari Guardiola. Setengah skuad kenal lebih Pep ketimbang Southgate karena mereka bersamanya sepanjang waktu. Ada Sterling, Stones, Walker, Grealish, Foden, dan mereka akan punya Kalvin Phillips. Ada enam," ungkap Bent.

Wilshere, eks Arsenal dan Bournemout dan West Ham United, mengatakan hal senada. Ia menilai, tak ada salahnya FA bergerak merekrut Guardiola.

"Saya kira kami tak sedang mengecam manajer sekarang, tapi Pep memang yang terbaik di dunia. Saya pikir ini bukan waktu yang tepat, tapi ke depannya bisa saja dilakukan. Saya bisa melihatnya," kata Wilshere, yang punya 32 caps di Inggris tersebut.



Simak Video "Misi Balas Dendam Guardiola untuk Chelsea-nya Tuchel"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/aff)

ADVERTISEMENT