ADVERTISEMENT

Kalahkan Jerman, Timnas Wanita Inggris Juara Euro 2022

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 01 Agu 2022 02:30 WIB
Englands Leah Williamson and Millie Bright lift the trophy as England celebrate winning the UEFA Womens Euro 2022 final at Wembley Stadium, London. Picture date: Sunday July 31, 2022. (Photo by Jonathan Brady/PA Images via Getty Images)
Timnas Inggris juara Piala Eropa Wanita 2022 usai mengalahkan Jerman 2-1 (PA Images via Getty Images/Jonathan Brady - PA Images)
London -

Timnas Wanita Inggris menorehkan sejarah luar biasa di Euro 2022. Lionesses menjuarai turnamen itu setelah mengalahkan Jerman 2-1 di final.

Pertandingan puncak dihelat di Wembley, Minggu (30/7/2022) malam WIB. Ini adalah penampilan ketiga Inggris di final Piala Eropa, setelah gagal dia dua kesempatan sebelumnya.

Lawannya adalah Jerman yang jadi tim tersukses dengan delapan gelar sepanjang sejarahnya. Duel ini juga jadi adu tajam top scorer turnamen ini, yakni Beth Mead dari Inggris dan Alexandra Popp dari Jerman.

Sayangnya, Popp mengalami cedera saat pemanasan sehingga tidak bisa bermain. Meski tanpa Popp, Jerman tetap agresif dengan menciptakan 16 attempts, tujuh di antaranya on goal.

Sementara, Inggris punya 13 attempts dengan delapan on goal. Setelah berimbang tanpa gol selama babak pertama, Inggris memecah kebuntuan di menit ke-62 lewat Ella Toone yang mencungkil bola melewati adangan kiper Jerman Merle Fhroms.

Tapi, Jerman menyamakan skor di menit ke-79 lewat Lina Magull yang mencocor bola di tiang jauh gawang Inggris. Laga harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah skor 1-1 tak berubah.

Inggris lantas unggul lagi di menit ke-111 lewat penyerang pengganti Chloe Kelly. Dari situasi sepak pojok, Inggris membuat kemelut di depan gawang Jerman dan bola liar disontek Kelly untuk membuat skor 2-1.

England's Chloe Kelly scores her sides second goal of the game during the UEFA Women's Euro 2022 final at Wembley Stadium, London. Picture date: Sunday July 31, 2022. (Photo by Danny Lawson/PA Images via Getty Images)Gol kemenangan Inggris di final Piala Eropa Wanita 2022 dicetak Chloe Kelly Foto: PA Images via Getty Images/Danny Lawson - PA Images

Kemenangan tersebut dipertahankan hingga akhir laga dan para pemain Inggris pun bersorak sorai karena bisa menjuarai Piala Eropa Wanita pertama kalinya. Untuk pelatihnya, Sarina Wiegman, ini adalah gelar keduanya setelah di 2017 bersama Timnas Belanda.

Masyarakat sepakbola Inggris akhirnya bisa berpesta juara juga setelah terakhir melihat timnasnya juara Piala Dunia 1966. Pada Euro 2020, The Three Lions takluk dalam drama adu penalti kontra Italia.

Selamat, Inggris!



Simak Video "Pidato Perdana Liz Truss, PM Baru Inggris Pengganti Boris Johnson"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT