ADVERTISEMENT

Southgate Bela Maguire: Dia Masih Bek Tengah Terbaik Inggris

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 23 Sep 2022 10:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 16: (EXCLUSIVE COVERAGE) Harry Maguire of Manchester United in action during a first team training session at Carrington Training Ground on September 16, 2022 in Manchester, England. (Photo by Matthew Peters/Manchester United via Getty Images)
Maguire saat berlatih bersama MU bulan ini. Foto: Manchester United via Getty Imag/Matthew Peters
Jakarta -

Dipanggilnya Harry Maguire ke Timnas Inggris untuk bertanding di UEFA Nations League bulan ini menimbulkan pertanyaan dari publik. Meski begitu, manajer Gareth Southgate menilai bek Manchester United itu masih yang terbaik yang ia punya.

Hal itu diungkapkan Southgate jelang melawan Italia, Sabtu (24/9) pukul 01.45 WIB nanti. Pelatih 52 tahun itu bahkan siap mempertaruhkan reputasinya karena yakin Maguire akan tetap tampil bagus bersama Inggris meski jarang main di klub.

"Jelas, ini bukan situasi yang ideal (untuk Maguire). Kami hanya berjarak beberapa minggu dari pra-musim, jadi tidak masalah jika pemain masih jarang main 90 menit. Namun kalau 7-8 pekan ke depan masih begitu, itu baru sulit," ujar Southgate.

"Tapi dia adalah pemain penting bagi kami dan penting untuk mendukung pemain terbaik kami. Saya berani mempertaruhkan reputasi saya. Dia adalah bek tengah kami yang paling jago duel udara. Dia dan John (Stones) amat bagus saat menguasai bola."

"Selama turnamen, kami tak selalu punya gelandang pivot untuk mengalirkan bola ke depan. Itu artinya, tekanan yang diterima bek tengah kami untuk bisa mengontrol bola dengan baik justru lebih besar."

"Mereka berdua (Stones dan Maguire) bisa melakukan itu dengan baik," jelas Southgate, dikutip The Guardian.

Maguire baru turun 281 menit di seluruh ajang bersama MU musim ini. Manajer Erik ten Hag lebih memilih Raphael Varane dan Lisandro Martinez sebagai duet bek tengah. Meski begitu, Southgate masih percaya padanya.

Secara statistik dan penampilan, Maguire memang menjadi bek tengah utama Inggris dalam empat tahun terakhir dan berhasil mencatat 25 cleansheet dalam 46 caps. Hal ini diperkirakan menjadi salah satu pertimbangan Southgate untuk tetap memanggilnya.

Inggris wajib menang dalam dua laga terakhir fase Grup A3 UEFA Nations League melawan Italia dan Jerman. Saat ini The Three Lions menempati posisi juru kunci dengan 2 poin dalam 4 laga, dan terancam terdegradasi ke Liga B.

(adp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT