Hansi Flick: Jerman Kalah Bukan Gara-gara Protes One Love

ADVERTISEMENT

Hansi Flick: Jerman Kalah Bukan Gara-gara Protes One Love

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 24 Nov 2022 09:40 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Germany players pose with their hands covering their mouths as they line up for the team photos prior to the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Robert Cianflone/Getty Images)
Timnas Jerman berpose menutup mulut sebagai bentuk protes terhadap larangan FIFA soal kampanye One Love. (Foto: Getty Images/Robert Cianflone)
Jakarta -

Hansi Flick ogah mencari-cari alasan atas kekalahan Jerman dari Jepang. Ia menepis anggapan bahwa fokus Jerman terusik oleh protes sebelum kick-off.

Jerman tumbang di tangan Jepang di laga perdana Grup E Piala Dunia 2022. Bertanding di Khalifa International Stadium, Doha, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Die Mannschaft yang sempat unggul lebih dulu akhirnya kalah dengan skor 1-2.

Jerman sempat jadi perhatian dan bahan pembicaraan lewat aksi protes mereka saat berfoto sebelum kick-off. Manuel Neuer dkk. terlihat berpose sambil menutup mulut mereka.

Aksi tersebut menandai protes Jerman terhadap larangan FIFA soal kampanye One Love yang diusung beberapa negara untuk mendukung keberagaman dan keberpihakan kepada kelompok LGBT. FIFA melarang kampanye tersebut dan meminta seluruh kontestan menghormati Qatar yang mengharamkan LGBT.

Flick membantah aksi protes tersebut menjadi penyebab kekalahan Jerman. Ia menegaskan bahwa protes tersebut tidak mengganggu fokus timnya.

"Tidak, kami tidak mau mencari-cari alasan. Itu terlalu murahan buat saya," ujar Flick seperti dilansir Eurosport.

Akibat kekalahan dari Jepang, Jerman kini menempati peringkat ketiga klasemen Grup E dengan nol poin. Sementara posisi pertama dan kedua diisi oleh Spanyol dan Jepang.

"Tentu saja dengan kekalahan ini dan nol poin, kami berada di bawah tekanan, tidak diragukan lagi," ucap Flick.

"Kami hanya bisa menyalahkan diri kami sendiri. Kami harus memastikan kami bisa lolos dari ini, kami harus berani, kami perlu agresivitas dalam permainan yang dibutuhkan di Piala Dunia."

Jerman selanjutnya akan menghadapi Spanyol di laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Berbanding terbalik dengan Jerman, Spanyol membukukan kemenangan telak 7-0 atas Kosta Rika di laga pertamanya.

Simak Video 'Dipermalukan Jepang, Jerman Mau Lampiaskan ke Spanyol':

[Gambas:Video 20detik]



(nds/adp)

ADVERTISEMENT