Tim Eropa Momok Argentina di Fase Gugur Piala Dunia

ADVERTISEMENT

Tim Eropa Momok Argentina di Fase Gugur Piala Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 09 Des 2022 22:00 WIB
Dutch midfielder Ronald de Boer (L) is challenged by Argentinan captain Diego Simeone (R) during the 1998 Soccer World Cup quarter-final match between the Netherlands and Argentina at the Stade Velodrome in Marseille 04 July.  (ELECTRONIC IMAGE)   AFP PHOTO (Photo by OMAR TORRES / AFP)
Tim Eropa jadi momok Argentina di fase gugur Piala Dunia (AFP/OMAR TORRES)
Doha -

Argentina boleh diunggulkan bisa mengalahkan Belanda di Perempatfinal Piala Dunia 2022. Tapi, Tim Tango harus ingat rekor buruk kala bertemu tim-tim Eropa di fase gugur.

Belanda vs Argentina akan membuka babak delapan besar turnamen di Qatar tersebut, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Venue pertandingan adalah Lusail Iconic stadium.

Melihat kualitas skuad kedua tim, laga ini diprediksi bakal berjalan sengit. Tapi, karena Argentina punya Lionel Messi, wajar mereka lebih diunggulkan untuk menang.

Meski demikian, Belanda juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena sejak ditangani Louis van Gaal, mereka tak terkalahkan di 19 pertandingan.

Belanda juga punya sederet pemain top yang bisa memberikan luka untuk Argentina dari belakang hingga depan. Tapi, Belanda juga bisa berharap catatan buruk Argentina kala bertemu tim-tim Eropa di fase gugur berlanjut.

Sebab sejak kalah dari Uruguay di final Piala Dunia 1930, Argentina sudah sembilan kali kalah di fase gugur (termasuk final), semuanya diderita kala jumpa tim Eropa!

Dimulai dari Swedia pada 1934, lalu berlanjut dari Inggris di 1966, dari Jerman di final 1990, lalu Rumania di 1994, Belanda di 1998, Jerman secara beruntun dari 2010 hingga 2014, dan terakhir dari Prancis di 2018.

Rekor itulah yang harus diwaspadai Argentina jika tak ingin gagal lagi memberikan trofi Piala Dunia ketiganya untuk masyarakat mereka.

Untungnya pada pertemuan terakhir dengan Belanda di fase gugur, Argentina menang adu penalti di semifinal Piala Dunia 2014.

"Perbedaan kualitas tim di sini sangat, sangat tipis. Kami tidak bisa bilang siapa yang difavoritkan dan bakal jadi juara. Kita bicara soal tim yang semuanya sama kuat," ujar pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni di Reuters.

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT