Video 20Detik

Neymar Cs Tolak Brasil Jadi Tuan Rumah Copa America

detikTV, dtv - Sepakbola
Sabtu, 05 Jun 2021 12:28 WIB
Jakarta -

Timnas Brasil tidak setuju Copa Amerika 2021 digelar di negaranya. Alasannya mereka khawatir dengan kasus virus Corona di Brasil.

Sikap para punggawa Brasil dikonfirmasi pelatih tim 'samba', Tite. Penolakan itu juga ditunjukkan dengan ketidakhadiran kapten tim Casemiro, dalam sesi jumpa pers sebelum laga Timnas Brasil vs Ekuador.

"Para pemain mempunyai pendapat yang bertentangan dengan pendapat presiden kami, perihal bermain di turnamen ini. Itu sebabnya kapten kami, Casemiro, tidak hadir di sini hari ini," kata Tite.

Awalnya, Argentina dan Kolombia ditunjuk selaku penyelenggara Copa America 2021, pada 13 Juni hingga 10 Juli 2021. Namun, Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) mencabut status tuan rumah kedua negara tersebut.

Status Argentina dicabut seiring dengan penolakan negeri Tango yang mengalami lonjakan angka kasus Covid-19. Sementara, kondisi keamanan di Kolombia imbas kerusuhan massal.

Tim Brasil pun punya alasan dibalik penolakan itu. Bagi mereka, situasi pandemi Covid-19 di Brasil tak ada bedanya dengan kondisi Argentina dan beberapa negara di Amerika Selatan.

Brasil masih masuk dalam lima negara dengan angka kasus virus corona tertinggi di dunia. Kasus kematian di sana mencapai 470 ribu orang. Sementara, gelombang pandemi ketiga diprediksi muncul paling lambat bulan ini.

Pada Copa America 2021, timnas Brasil tergabung di Grup B Copa America 2021 bersama Kolombia, Peru, Venezuela, dan Ekuador. Empat tim teratas berhak lolos ke perempatfinal.

(/)