Demi Uang, Alex Song Tinggalkan Arsenal dan Gabung Barcelona

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 17 Jan 2022 10:05 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 05:  Alex Song of FC Barcelona looks on  during the La Liga match between FC Barcelona and Real Valladolid CF at Camp Nou on October 5, 2013 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
Alex Song semasa bermain di Barcelona. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Alex Song bercerita tentang transfernya dari Arsenal ke Barcelona pada 2012 silam. Gelandang asal Kamerun itu mengaku uang yang banyak menjadi motifnya.

Song, saat itu masih 24 tahun, bergabung dengan Arsenal sejak 2005 lalu perlahan menjadi bek andalan selama 4 musim terakhir di sana. Meski tak menjadi juara, namun The Gunners konsisten bersaing di papan atas Liga Inggris.

Namun saat itu tawaran dari Barcelona sulit ditolak. Meski baru ditinggal Pep Guardiola, namun sekumpulan bintang masih ada di sana. Jangan lupakan juga bahwa Barcelona saat itu adalah salah satu tim terbaik dunia yang sulit ditaklukkan.

Jadilah Alex Song dikontrak Barcelona selama lima musim dengan biaya transfer 15 juta Pound. Ia sadar, datang ke Camp Nou akan menemukan persaingan ketat di lini tengah. Ada Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, hingga Thiago Alcantara.

Namun Song tak peduli saat itu. Duduk di bench pun ia mau, sebab gaji yang ia terima di Barcelona jauh di atas Arsenal.

"Ketika Barcelona menawarkan kontrak kepada saya, dan melihat nilai gajinya, saya tak berpikir dua kali (untuk menerimanya)," ujar Song dalam diskusi bersama bintang NBA asal Kamerun Pascal Siakam di instagram, dikutip Daily Mail.

SO KON PO, HONG KONG - JULY 29:  Alex Song of Arsenal FC reacts during the pre-season Asian Tour friendly match between Kitchee FC and Arsenal at Hong Kong Stadium on July 29, 2012 in Hong Kong.  (Photo by Victor Fraile/Getty Images)Alex Song meninggalkan kariernya yang bagus di Arsenal demi Barcelona. Foto: Getty Images/Victor Fraile

"Saya rasa istri dan anak-anak saya harus mendapat kehidupan yang nyaman begitu saya pensiun nanti."

"Saya saat itu bertemu dengan direktur olahraga Barca, dan dia bilang ke saya kalau saya mungkin tak banyak bermain. Saya tak peduli, saya tahu kalau saya sudah jadi miliuner sekarang," jelasnya.

Alex Song hanya dua musim bertahan di Barcelona, tampil sebanyak 65 kali dan sekali menjuarai Liga Spanyol. Ia lalu dipinjamkan dua musim ke West Ham United, dan pada 2016 kontraknya diputus meski tersisa semusim.

Setelahnya, Song melanjutkan karier di Rusia dan Swiss. Kini, di usianya yang sudah 34 tahun, ia menjalani senja kariernya di Djibouti.

Alex Song yang dikenal suka boros dan menjalani kehidupan malam semasa muda, kini lebih bijak dalam menghabiskan uang. Di Kamerun, ia berinvestasi di perusahaan konstruksi dan industri fesyen.

(adp/mrp)