Louis van Gaal Kalahkan Kanker Lewat 25 Kali Terapi

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 12 Apr 2022 21:15 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - NOVEMBER 21:  Louis van Gaal looks on prior to the UEFA Champions League group F match between Manchester City and Feyenoord at Etihad Stadium on November 21, 2017 in Manchester, United Kingdom.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Louis van Gaal (Getty Images)
Amsterdam -

Louis van Gaal mengaku mengidap kanker prostat beberapa waktu lalu. Ia mengungkap terapinya berjalan sukses.

Van Gaal, yang pernah melatih banyak klub top Eropa, membuat pengakuan mengejutkan beberapa pekan lalu. Pria yang kini sedang melatih Timnas Belanda itu mengaku mengidap kanker prostat.

Kondisi itu membuat banyak pihak bersimpati. Van Gaal sendiri kini sedang menjalani terapi pemulihan.

Ada kabar baik soal kondisi Louis van Gaal sekarang. Pelatih berusia 70 tahun itu mengaku terapinya, yang berjalan sebanyak 25 kali, sukses dilakukan, dan tinggal menunggu waktu untuk membuktikannya.

"Saya sudah melalui semuanya. Saya menjalani 25 perawatan radiasi. Kemudian saya harus menunggu lima atau enam bulan untuk melihat apakah itu telah melakukan tugasnya. Itu benar," kata Van Gaal kepada ANP.

"Saya mendapat perawatan yang bagus. Anda mengatakannya kepada teman dan kerabat, tetapi juga sesuatu tentang keluarga saya, bahwa mereka merahasiakannya. Selama periode menjadi pelatih tim nasional, saya pergi ke rumah sakit setiap malam di malam hari, tanpa sepengetahuan para pemain."

"Dengar, kanker prostat tidak membunuh Anda. Biasanya penyakit yang mendasari Anda meninggal. Tapi itu adalah bentuk agresif. Saya telah disinari 25 kali, maka Anda membutuhkan banyak cara untuk hidup. Tetapi saya memiliki tekad yang luar biasa untuk terus berjalan. Tim ini adalah hadiah di usia yang lebih tua," kata Louis van Gaal.

(yna/krs)