sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 06 Mei 2020 12:20 WIB

Pandemi Virus Corona Bikin Persiapan Piala Dunia U-20 Mandek

Muhammad Robbani - detikSport
Menpora Zainudin Amali gelar rapat dengan para operator liga terkait virus corona. Menpora menyerahkan kebijakan penanggulangan corona kepada cabor masing-masing. Menpora Zainudin Amali mengungkap persiapan Piala Dunia U-20 2020 mandek. ( Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

Pandemi virus Corona menghambat persiapan Indonesia untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021. Pemerintah dan PSSI pun dibuat pusing.

Padahal Pemerintah melalui Kemenpora dan PSSI sudah intens membahas persiapan Piala Dunia U-20. Kepanitiaan pun dibentuk dengan lahirnya Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee (INAFOC).

"Kami sudah berkomunikasi dengan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) tentang kondisi pandemi COVID-19 yang menghentikan seluruh kegiatan sepak bola di Tanah Air. Termasuk pelatnas Timnas yang kami persiapkan," kata Menpora, Zainudin Amali, kepada wartawan.

"Kami juga mendiskusikan persiapan infrastruktur. Lalu tentang kapan seharusnya pelatnas ini dimulai lagi serta berbagai hal yang terkait dengan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia," ujarnya menambahkan.

"Memang belum bisa kami putuskan kapan akan dimulai, kami akan menyesuaikan dengan keputusan gugus tugas COVID-19 dan memastikan kapan sudah kegiatan ini diizinkan kembali," katanya lagi.

Pandemi virus Corona membuat semua persiapan mandek. Kini semua pihak hanya bisa menunggu situasi membaik. FIFA pun belum menunjuk enam stadion yang akan resmi menjadi venue Piala Dunia U-20. Itu karena mereka belum bisa melakukan inspeksi ke Indonesia untuk melihat kesiapan 11 stadion kandidat.

Pemerintah dan PSSI hanya bisa pasrah dengan keadaan saat ini. Mereka enggan memaksakan dan memilih menghormati anjuran pemerintah.

"Pemain butuh recovery karena sudah lama istirahat dari Pelatnas, sementara kompetisi yang dibutuhkan pemain untuk mengasah keterampilannya pun juga terhenti," tutur Politikus Partai Golongan Karya itu.

"Akhirnya saya dan Ketum PSSI berkesimpulan bahwa kami akan tetap mengikuti keputusan Pemerintah tentang penanganan COVID-19 ini. Kami sepakat untuk tidak akan melanggar itu," ucapnya menegaskan.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com