sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 05 Agu 2020 11:05 WIB

Di Shopee Liga 1 2020 Ada Dua Pemain Lebanon, Bagaimana Kondisinya?

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Di Shopee Liga 1 2020 Ada Dua Pemain Lebanon, Bagaimana Kondisinya? (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Terkait ledakan di Lebanon, di Shopee Liga 1 2020 tercatat ada dua pemain asing asal negara itu. Berikut penelusuran mengenai kondisi mereka.

Yang pertama adalah pemain asing Persiraja Banda Aceh, Samir Ayass. Ia tidak terdampak ledakan di Lebanon, Selasa (4/8/2020), karena sudah memenuhi panggilan Persiraja sejak Minggu (2/8). Pemain berusia 29 tahun itu dalam kondisi baik-baik saja.

Kebetulan juga Samir Ayyas sebenarnya lebih punya ikatan emosional dengan Bulgaria ketimbang Lebanon. Mayoritas keluarga besarnya tinggal di Bulgaria, bukan Lebanon. Mereka pun aman dari tragedi ledakan di Lebanon.

"Samir Ayass sudah bergabung ke Persiraja. Keluarga dia di Bulgaria, jadi aman," kata Sekretaris Umum Persiraja Rahmat Djailani kepada detikSport.

Di Persiraja, eks pemain CSKA Sofia itu didaftarkan sebagai pemain asing Asia dengan Paspor Lebanon. Bisa saja Persiraja mendaftarkannya di Shopee Liga 1 2020 dengan paspor Bulgaria, namun slot non-Asia sudah diisi oleh Bruno Dybal, Vanderlei, dan Adam Mitter.

Pemilik 3 caps bersama Timnas Bulgaria U-21 itu lahir di Sofia, Bulgaria dengan Ibu Warga Negara Bulgaria dan ayah asal Lebanon. Dengan alasan itu pula ia kini tercatat sebagai pemain Timnas Lebanon sejak 2017.

Sementara itu, Samir Ayyas dan Adam Mitter kini tengah menjalani isolasi mandiri atas permintaan klub. Hal itu itu memang menjadi kebijakan Pemprov Aceh dalam memerangi virus corona.

Aceh tercatat sebagai Provinsi dengan kasus COVID-19 paling minim di Indonesia. Meski begitu, akhir-akhir ini mulai terjadi kenaikan kasus di sana.

"Adam Mitter dan Samir Ayass sudah berada di Banda Aceh. Mereka sudah di-swab test dan hasilnya negatif saat di Bali," kata Rahmat di laman resmi klub.

"Mereka sudah kami minta untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing di Banda Aceh, sesuai dengan protokol kesehatan," ucapnya.

Selain Samir Ayyas, ada juga pemain asal Lebanon yang tercatat sebagai anggota klub Shopee Liga 1 2020. Ia adalah Hussein Eldor yang merupakan pemain PSM Makassar.

detikSport sudah mencoba mengonfirmasi keadaannya terkait dengan situasi ledakan di Lebanon hari ini, tapi belum ada jawaban dari sang pemain pasca-ledakan di Beirut.






Simak Video "Dua Pekan Pasca Ledakan Dahsyat di Lebanon"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com