sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 12 Sep 2020 17:05 WIB

Shopee Liga 1 Digelar 5 Bulan Nonstop, Klub Boyong Keluarga Pemain?

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Shopee Liga 1 2020 direncanakan berlangsung Oktober 2020-Februari 2021. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Shopee Liga 1 2020 berencana digelar 1 Oktober 2020-28 Februari 2021. Kompetisi akan jalan nonstop, pemain pun terancam tak jumpa keluarga sepanjang hajatan.

Jeda antar pekan Shopee Liga 1 diperkirakan hanya berjarak 2-3 hari. Setiap tim bisa bermain dua kali dalam sepekan dan situasi itu akan terus berlangsung sekitar lima bulan (Oktober-Februari).

Intensitas kebersamaan para pemain dengan keluarga pun dipastikan akan berkurang. Kondisi lebih kompleks akan dihadapi pemain dari klub yang berasal dari luar Jawa.

Misalnya Borneo FC, Persiraja Banda Aceh, atau Barito Putera. Sebagaimana aturan PT Liga Indonesia Baru (LIB), klub luar Jawa wajib berkandang di Jawa dengan Yogyakarta menjadi pusatnya.

Kondisi itu membuat pemain-pemain dari klub luar Jawa bakal kesulitan untuk bertemu keluarga. Kondisi diperparah karena aturan larangan penggunaan pesawat kepada klub yang melakukan perjalanan tandang.

Semua perjalanan harus ditempuh menggunakan bus yang disediakan PT LIB. Dengan jarak setiap pekannya yang cuma 2-3 hari dan wajib menggunakan bus, praktis akan banyak waktu yang terkuras.

PT LIB tak punya rencana untuk memfasilitasi para pemain untuk bertemu dengan keluarganya selama kompetisi. Namun mereka mendengar ada rencana-rencana unik untuk mengatasi situasi ini.

"Kami sudah berdiskusi dengan berbagai klub yang akan datang ke Pulau Jawa. Dari diskusi dan komunikasi yang sebenarnya tidak resmi, saya mendengar ada yang mendatangkan keluarganya ke homebase di Pulau Jawa," kata Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

Yang jelas PT LIB tak akan ikut campur masalah ini. Ia yakin setiap klub sudah memikirkan caranya masing-masing.

"Soal mereka bisa kembali ke wilayahnya atau tidak, kami belum tahu karena masing-masing klub punya rencana sendiri. Satu di antara hal yang paling menarik itu, keluarganya akan didatangkan ke homebase di Pulau Jawa," ucap Akhmad Hadian lagi.

Cuma segelintir klub yang tetap berkandang di kota asal mereka. Sebut saja PSS Sleman, Persita Tangerang, Persela Lamongan, Persib Bandung, Persik Kediri, hingga Tira Persikabo.

Pemain-pemain dari PSS, Persita, Persela, Persib, Persik, dan Tira Persikabo relatif lebih leluasa. Meski sebenarnya mereka juga harus pandai-pandai mengatur waktu mengingat ketatnya jadwal kompetisi.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com