sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Okt 2020 19:35 WIB

Presiden Madura United Luncurkan Buku Memoar Perjalanan di Sepakbola

Muhammad Robbani - detikSport
Achsanul Qosasi Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, meluncukan buku memoar sepakbola. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Presiden Madura United Achsanul Qosasi menerbitkan buku berjudul 'Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool'.

Buku memoar ini berkisah tentang perjalanan Achsanul Qosasi di dunia sepakbola. Mulai dari awal mula jatuh cinta dengan permainan sepakbola sampai kini akhirnya menjadi pengurus klub di Madura United.

Achsanul Qosasi memulai perjalanannya di sepakbola dari klub kecil, PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI hingga menjadi petinggi di PSSI sampai akhirnya punya klub profesional, Madura United.

Diceritakan pula bagaimana sepakbola bagaikan istri kedua buat anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu. Buku setebal 120 halaman tampil dengan full color dan disertai beberapa foto-foto.

"Buku ini cerita perjalanan saya di dunia sepakbola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto. Gue bisa gila kalau tidak mengurus bola," kata Achsanul Qosasi dalam rilisnya.

Kecintaannya terhadap Liverpool juga ikut diceritakan. Ya, Achsanul Qosasi dikenal sebagai penggemar berat klub asal Merseyside itu sebagaimana kerap ia perlihatkan di akun media sosialnya.

Khusus Madura United, menjadi bahasan utama buku ini. Maklum, di klub inilah keterlibatannya di sepakbola terhitung sangat kental.

Laskar Sape Kerrab yang kini menjadi tim kuat di Indonesia tak lepas dari peranan Achsanul Qosasi. Keberhasilan Madura United yang pernah merekrut eks pemain Liga Inggris, Peter Odemwingie, pernah menjadi sorotan.

Hingga saat ini, Madura United masih konsisten menjadi klub kuat Indonesia. Cuma keberuntungan yang belum berpihak klub klub asal Pulau Madura itu dalam usaha mereka meraih gelar juara.

Beberapa kali Madura United menjadi juara tengah musim Liga 1. Namun performa bagus kerap gagal dipertahankan pada putaran kedua kompetisi.

Terselip juga kisah putrinya, Annisa Dzafarina, yang sepertinya akan mengikuti jejak ayahnya di sepakbola. Annisa baru saja lulus dari UEFA Certificate Course dan kini menjadi Chief Operating Officer (COO) Madura United itu.

"Sampai gak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family," ucap Achsanul Qosasi mengakhiri.



Simak Video "Dejan Antonic Resmi Nakhodai Madura United"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com