sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 18 Nov 2020 21:35 WIB

Shopee Liga 1 Tak Jelas, Para Pemain Indonesia Diincar Klub-klub ASEAN

Muhammad Robbani - detikSport
Evan Dimas Shopee Liga 1 Tak Jelas, Para Pemain Indonesia Diincar Klub-klub ASEAN (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 tak kunjung mendapat kepastian karena tak mendapat izin Polri. Kini muncul kabar pemain-pemain Indonesia diminati klub-klub luar negeri.

Pemain-pemain andalan Timnas Indonesia yang berlaga di Shopee Liga 1 2020 seperti Rezaldi Hehanussa, Osvaldo Haay, Evan Dimas, Hansama Yama, hingga Todd Rivaldo Ferre dikabarkan diminati klub-klub Malaysia hingga Thailand. Media Malaysia, Berita Harian, menyebut Evan Dimas diminati Terengganu FC.

Klub-klub Malaysia berminat meminang pemain Indonesia karena pemberlakukan kuota pemain ASEAN. Aturan kuota pemain ASEAN ini memang sudah berlaku di Malaysia Super League sejak musim 2018.

Khusus Evan Dimas, Terengganu nampaknya mulai menarik diri karena harga kontrak tinggi sang pemain Persija Jakarta. Evan Dimas memang dikenal sebagai pemain lokal dengan nilai kontrak besar.

"Kami mengincar pemain dari ASEAN karena memang perlu untuk mengisi kuota pemain yang ditetapkan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM)," kata COO Terengganu Mohd Sabri Abas, sebagaimana dikutip dari Berita Harian.

"Tapi karena harga yang ditawarkan pemain itu (Evan Dimas) di luar kemampuan, kami tidak jadi mengambil pemain itu," ujarnya menambahkan.

Evan Dimas DarmonoEvan Dimas Darmono (dok.Persija Jakarta)

Sedangkan Hansama Yama dikaitkan-kaitkan dengan Pahang, Perak FA, Petaling Jaya City, dan Sabah FA. Nama klub terakhir yakni Sabah kebetulan dilatih oleh Kurniawan Dwi Yulianto.

Di sisi lain, minat dari Pahang kepada Hansamu Yama bukan sesuatu yang mengejutkan. Pahang kebetulan pernah mengontrak Saddil Ramdani pada Liga Super Malaysia musim 2019.

Sementara klub Thailand peminat pemain Indonesia adalah Lampang FC. Klub yang bermain di kasta kedua itu dihubung-hubungkan dengan Todd Rivaldo Ferre.

Kabar diminatinya pemain-pemain Indonesia oleh klub luar sudah sampai ke telinga Ketua Umum, PSSI Mochamad Iriawan. Ia mendukung penuh pemain Indonesia untuk berkarier di luar negeri.

"Bangga kalau ada pemain kita yang main di luar. Saya mendorong supaya pemain-pemain kita seperti pemain-pemain Jepang atau Korea yang ada di luar semua ya," tutur Iriawan kepada wartawan belum lama ini.

(aff/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com