sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 27 Nov 2020 07:20 WIB

Pemain Keturunan Indonesia di FC Twente Tolak Panggilan Timnas U-19

Muhammad Robbani - detikSport
THE HAGUE, NETHERLANDS - NOVEMBER 07:   Jayden Oosterwolde of FC Twente in action during the Dutch Eredivisie match between ADO Den Haag and FC Twente at Cars Jeans Stadion on November 07, 2020 in The Hague, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Pemain FC Twente Jayden Oosterwolde menolak panggilan timnas Indonesia U-19. (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Satu pemain keturunan Indonesia menolak panggilan PSSI untuk memperkuat Timnas U-19. Pemain yang dimaksud adalah Jayden Oosterwolde dari klub FC Twente.

Dengan begitu, kini tersisa enam pemain keturunan yang tersedia untuk dicoba kemampuannya. Awalnya ada sembilan pemain keturunan yang diminati tim pelatih Timnas Indonesia U-19.

Dua di antaranya, yakni Mahessa bersaudara, sudah dicoba pada penghujung Pemusatan Latihan Timnas U-19 di Kroasia pada akhir Oktober lalu. Dari tujuh pemain keturunan tersisa, Jayden Oosterwolde termasuk salah satunya.

Hanya saja bek kiri Twente itu menolak ajakan PSSI untuk gabung ke TC. Kabarnya ia akan dipanggil Timnas Belanda sehingga menolak panggilan Indonesia.

Selain Jayden, mayoritas pemain keturunan tersisa yang akan dicoba berasal dari Belanda juga. Mereka akan dicoba dalam Pemusatan Latihan (TC) lanjutan yang kemungkinan besar akan digelar di Spanyol.

"Mudah-mudahan (pemain keturunan) yang dari Belanda bisa masuk ke Spanyol, Shin (Tae-yong - pelatih timnas) kan inginnya bisa lihat langsung, tatap muka," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

"Sementara kan masih ada sembilan pemain (keturunan), satu sudah dipastikan tidak bisa. Satu yang tidak bisa itu dipakai Timnas Belanda, Jayden bek kiri Twente. Dia lebih pilih ke Belanda, padahal Shin mau banget sama dia."

Jayden juga punya darah Suriname sehingga pemain 19 tahun itu bisa memperkuat tiga negara. Laporan menyebut ia sudah mantap memilih Timnas Belanda.

Pemain kelahiran Zwolle, Belanda, itu baru mencuat di tim senior Twente mulai musim 2020/2021. Total ia kini telah memperkuat Twente sebanyak sembilan kali di Eredivisie.



Simak Video "Timnas U-19 Rencananya ke Belanda Seraya Cari Pemain Keturunan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com