sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 29 Nov 2020 12:25 WIB

Timnas U-16 Akhiri TC November, Bima Sakti Ungkap Ada Peningkatan

Mercy Raya - detikSport
Timnas Indonesia U-16 sudah menyelesaikan TC bulan November. Timnas Indonesia U-16 sudah menyelesaikan TC bulan November. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 untuk November resmi berakhir. Bima Sakti mengaku puas dengan perkembangan latihan para pemainnya.

Marcell Januar Putera dkk melakukan pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Bogor, sejak 16 November lalu dan berakhir pada Minggu (29/11/2020).

Mereka melahap penuh program yang disiapkan pelatih termasuk memperbaiki kesalahan ketika berjumpa Timnas Uni Emirat Arab U-16 pada laga uji coba Oktober lalu.

Kini, setelah nyaris dua minggu berlatih, Bima membeberkan hasil latihan skuadnya. Apa kata dia?

"Saya melihat banyak sekali peningkatan dari pemain, seperti kerja sama tim, koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kita, saat dua kali bertemu tim UAE U-16, sudah membaik," kata Bima dalam laman PSSI.

Perubahan-perubahan itu pun tak hanya tampak dari proses latihan yang dilakoni Timnas U-16. Tapi juga dari internal game selama 14 hari pemusatan latihan.

"Di akhir TC kami mengadakan internal game, beberapa hari sebelumnya kami juga melakukan hal yang sama," kata Bima.

"Saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, dimana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali. Kemudian, membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari," dia mengungkapkan.

Selain itu, Bima juga membiasakan para pemainnya untuk langsung beradaptasi dengan model jadwal dan cuaca saat nanti di turnamen Piala Asia U-16. Semua tujuannya untuk lebih mematangkan pemain dalam menghadapi turnamen tersebut.

Mantan pemain tim nasional Indonesia era 90-an itu lantas berharap Timnas U-16 bisa lebih baik lagi pada TC berikutnya. Rencananya, Bima akan kembali menggelar pemusatan pada 6 Desember di Sleman, Yogyakarta.

"Semoga saja bisa lebih baik lagi dan yang pasti sampai saat ini koordinasi masih kurang, terutama barisan bertahan, dimana mereka harus sejajar, harus drop back saat lawan melakukan long pass direct. Itu yang nanti akan terus kami perbaiki," Bima mengharapkan.

TC Timnas U-16 ini menjadi rangkaian TC yang dilakukan dalam mempersiapkan skuat Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 di Bahrain tahun depan.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini dan tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan Cina.



Simak Video "Timnas Indonesia Melenggang ke Perempatfinal AFC U-16"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com