Garuda Select III Berangkat ke Inggris Malam Ini

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 03 Des 2020 13:20 WIB
Garuda Select akan berangkat ke Inggris malam ini.
Garuda Select akan berangkat ke Inggris malam ini. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Garuda Select III dijadwalkan berangkat ke Inggris, Kamis (3/12/2020). Satu pemain batal berangkat sehingga totalnya menjadi 20 pemain.

Para pemain dilepas dalam acara seremonial yang dihadiri oleh perwakilan PSSI dan Mola TV selaku pemilik program Garuda Select. Ada juga Menpora Zainudin Amali yang memberikan sambutannya secara virtual.

Awalnya ada 21 pemain yang terpilih dimana empat di antaranya berasal dari program Garuda Select II. Mereka adalah Kakang Rudianto, Fernando Pamungkas, Edgard Amping, dan Rafli Asrul.

Dalam rilis Mola TV, tak ada nama Kakang dalam daftar alumni Garuda Select II yang diberangkatkan Garuda Select III. Tak dijelaskan alasannya, namun Kakang saat ini sedang dipanggil Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 di Jakarta.

Garuda Select memang punya tradisi menyertakan kembali pemain dari angkatan sebelumnya ke angkatan terbaru. Misalnya Bagus Kahfi, Brylian Aldama, dan David Maulana dari angkatan pertama yang disertakan di angkatan kedua.

"PSSI memiliki cita-cita besar dalam pengembangan usia muda. Salah satunya adalah program akselerasi pembinaan pemain antara PSSI dengan Mola TV yang pada tahun 2020 ini merupakan gelaran yang ketiga kalinya," kata Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita.

"PSSI berharap semua pemain bisa terus meningkatkan kualitas individu mereka. Jangan cepat menyerah dalam menimba ilmu selama mengikuti program di Eropa agar kelak menjadi tumpuan tim nasional," ujarnya menambahkan.

Ada beberapa hal baru yang akan didapatkan pemain Garuda Select III dibanding dua angkatan sebelumnya. Pemain asing akan disisipkan di tim agar para pemain Indonesia terbiasa berbaur dengan orang-orang dari negara berbeda.

Selain itu, Garuda Select juga telah disiapkan lawan-lawan kuat dari Jerman. Misalnya, Borussia Dortmund, Bayern Munchen, Schalke, Eintrach Frankfurt, dan FC Cologne.

Angkatan pertama Garuda Select sebelumnya cuma menghadapi klub-klub Inggris. Sementara angkatan kedua menghadapi klub-klub Inggris dan Italia.

"Para pemain akan digabungkan dengan beberapa pemain dari negara lain untuk melatih keberanian serta mental mereka. Jadi, mereka juga bisa mempelajari budaya dari bangsa lain sebagai bekal mereka nanti," tutur perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso.

Sementara itu, Fernando Pamungkas siap membimbing pemain angkatan ketiga. Sebagai pemain yang sudah berpengalaman dari program sebelumnya, sudah barang tentu Fernando dan dua pemain lainnya akan menjadi sumber informasi buat para pemain baru.

"Biasanya mereka sering bertanya kepada saya soal kondisi di Inggris. Saya kasih tahu harus menjaga kondisi karena cuaca di sana berbeda dengan di sini," ucap pemain yang akrab disapa Nando tersebut.

"Banyak hal baru yang akan didapat di sana. Kalau untuk kekompakan, saya yakin tidak ada masalah karena komunikasi berjalan lancar," katanya lagi.

Petualangan Garuda Select di Eropa masih akan disiarkan oleh Mola TV. Untuk melihat petualangan Garuda Select Jilid II bisa disaksikan di sini.

20 pemain Garuda Select III

1. Wahyu Agung Drajat Mulyono - ex Persebaya U16
2. Hokky Caraka - PSS U16
3. Frezy Al-Hudaifi - Astam
4. I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra - Persebaya U16
5. Muhammad Faqih Maulana - Tajimalela
6. Noval Junior Iskandar - FASS Junior
7. Krisna Sulistia Budianto - SSB Djarum Kudus
8. Adre Arido Geovani - Bina Taruna
9. Ridwan Ansori - Persib U16
10. Dustin Pratama Bramantio - Persela U16
11. I Putu Dipa Yogi Arta- Bali United
12. Ridho Syuhada Putra - PSIS U16
13. Daniel Naa - Bhayangkara U16
14. Rafli Asrul - Garuda Select II
15. Fernando Pamungkas - Garuda Select II
16. Edgar Amping - Garuda Select II
17. Ibnu Murarak - Kalimantan Timur
18. I Gede Aditya Juli Antara - Persebaya U16
19. Muhammad Faiz Maulana - Bina Taruna
20. Roki - Gabsis Sambas

(cas/aff)