sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Jan 2021 15:55 WIB

PT LIB: Ada PSBB atau Tidak, Shopee Liga 1 Siap Terapkan Protokol Ketat

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Shopee Liga 1 PT LIB: Mau PSBB Atau Tidak, Shopee Liga 1 Akan Terapkan Protokol Ketat (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa-Bali tak mengecilkan perjuangan PT LIB mengurus izin lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sibuk memperjuangankan perizinan kompetisi sejak dihentikan pertengahan Maret 2020. Berbagai rancangan protokol kesehatan telah mereka siapkan sejak jauh-jauh hari.

Penerapan PSBB yang kembali ditetapkan pemerintah di Jawa-Bali dinilai PT LIB belum memberikan pengaruh terhadap usaha mereka. Karena posisi PT LIB saat ini masih tetap sama; belum mendapatkan restu kepolisian.

"PSBB Jawa-Bali ini tidak berpengaruh kalau izin kepolisian belum keluar. Kami terus menerus meyakinkan pemerintah, yang penting protokol saat pertandingan, kami siap memperketat," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Kami pakai protokol kesehatan ketat karena ikut khawatir penyebaran COVID-19. Sekarang, izin dulu yang penting," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, penerapan PSBB dinilai akan makin menyulitkan usaha PT LIB. Dalam kondisi normal saja mereka sudah susah mendapatkan restu.

Pengumuman pemerintah soal penerapan PSBB ini juga kebetulan keluar tak lama setelah PSSI mengungkap rencana untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco). Rapat itu akan membahas nasib Shopee Liga 1 dan Liga 2 yang tak kunjung mendapat izin. Opsi yang akan dibahas salah satunya adalah penghentian kompetisi.

PT LIB tak mau terpengaruh dengan rencana itu. Selagi masih ada waktu tersisa, mereka akan terus berupaya mendapatkan restu dari kepolisian.

"Kalau izin dikasih bisa jalan. Kami akan saring, mau kondisi PSBB atau tidak pasti kami akan seleksi untuk mencegah penyebaran virus," tutur Lukita berjanji.

(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com