Kemenpora: Timnas Indonesia Dapat Jatah 178 Vaksin

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 18 Jan 2021 17:15 WIB
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto
Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengungkap ada jatah 178 vaksin untuk Timnas Indonesia. ( Foto: Dok. Kemenpora)
Jakarta -

Kemenpora mengabulkan permohonan PSSI soal vaksin. Ada jatah sebanyak 178 vaksin untuk Timnas Indonesia U-16 hingga Timnas Indonesia Senior.

Timnas Indonesia akhirnya mendapat jatah vaksin COVID-19. Pertimbangan Kemenpora karena PSSI punya agenda internasional bersama Timnas Indonesia U-23 ke SEA Games 2021.

Sebelumnya sepakbola tak masuk daftar prioritas di sektor olahraga. Ada 17 cabor (Cabang Olahraga) plus NPC (National Paralympic Committee) yang masuk daftar prioritas dalam ranah olahraga.

Adapun 17 cabor prioritas adalah angkat besi (PABSI), Tenis (PELTI), Catur (PERCASI), Pencak Silat (IPSI), Senam (PERSANI), karate (FORKI), panahan (PERPANI), taekwondo (TI), Renang (PRSI), bulutangkis (PBSI), Voli (PBVSI), Boling (PBI), selancar ombak (PSOI), wushu (PBWI), menembak (PERBAKIN), dayung (PODSI) dan judo (PJSI).

PSSI pun langsung bersurat ke Kemenkes dengan tembusan Kemenpora untuk meminta vaksin. Federasi sepakbola Indonesia minta jatah vaksin untuk Timnas semua strata, pemain, pelatih, ofisial, pertandingan, panpel, Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

"Kenapa kok awalnya 17+1 (NPC)? Itu yang sudah direview. Nah PSSI kan belum direview makanya sempat nggak masuk. Tapi selang tiga hari kemudian kami sudah mengirimkan surat ke PSSI, basket (Perbasi), dan PASI," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto kepada detikSport.

Adapun pertimbangan Kemenpora menunjuk cabor-cabor itu adalah untuk mereka yang punya agenda internasional. Timnas Indonesia U-23 misalnya yang bakal bertanding di SEA Games 2021.

Untuk ajang-ajang domestik belum bisa mendapat jatah prioritas. Karena pemberian vaksin kepada seluruh Warga Negara Indonesia akan dilakukan secara bertahap.

"Kan basket ada event luar negeri (internasional) di Februari. Jadi tiga cabor itu yang kami susulkan (ke Kemenkes)," ujarnya menjelaskan.

"Sepakbola juga ada SEA Games. Tetapi, yang divaksin itu bukan seluruh peserta liga (Shopee Liga 1 dan Liga 2), khusus yang ikut event internasional. Jadi timnasnya saja," ucapnya.

Rincian Alokasi 178 Vaksin untuk Timnas Indonesia

1.Timnas Indonesia U-16
43 jatah vaksin: 30 pemain, 4 pelatih, 9 staf

2.Timnas Indonesia U-19
50 jatah vaksin: 27 pemain, 5 pelatih, 18 staf

3.Timnas Indonesia U-23
46 jatah vaksin: 36 pemain dan 10 staf

4.Timnas Indonesia (senior)
39 jatah vaksin: 29 pemain dan 10 staf

(cas/krs)