sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Jan 2021 15:40 WIB

4 Pemain Indonesia yang Hijrah karena Shopee Liga 1 Vakum

Muhammad Robbani - detikSport
Persija Jakarta menjamu PSM Makassar di leg pertama Final Piala Indonesia. Macan Kemayoran berhasil mengalahkan PSM 1-0. 4 pemain Indonesia yang hijrah dari Shopee Liga 1, ada Ryuji Utomo. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemain-pemain Indonesia mulai pergi merantau karena menggantungnya nasib Shopee Liga 1. Bakat-bakat terbaik dalam negeri akhirnya memilih nasib yang lebih baik.

Minat klub-klub Malaysia, Thailand, hingga Korea Selatan terhadap pemain Indonesia mulai bermunculan jelang penghujung tahun 2020. Saat itu kompetisi di Tanah Air diprediksi sudah tak mungkin bisa lanjut.

Sejumlah pemain Persija Jakarta seperti Osvaldo Haay hingga Rezaldi Hehanussa sering disebut-sebut diminati klub Thailand dan Korea. Belakangan muncul juga kabar pemain-pemain Arema FC dan Persebaya Surabaya diincar oleh klub Jepang.

Febri Hariyadi dari Persib Bandung juga santer dikabarkan akan ke Thailand dan teranyar diminati klub Malaysia. Tapi baik Febri dan Persib seolah memberikan penolakan halus.

Ryuji Utomo dari Persija Jakarta menjadi yang pertama hijrah. Ia gabung peserta Liga Super Malaysia, Penang FC, dengan status pinjaman satu tahun.

Setelah Ryuji, satu per satu pemain lainnya mengikuti langkah yang sama. Diprediksi jumlah ini akan terus bertambah seiring dihentikannya Shopee Liga 1 2020 dan belum jelasnya kepastian musim 2021.

Selain karena alasan pandemi, ada juga Witan Sulaeman dan Bagus Kahfi yang sudah lebih awal pindah pindah ke Eropa. Witan gabung klub Serbia FK Radnick Surduli. Sementara Bagus ke FC Utrecht.

Berikut pemain-pemain Indonesia yang hijrah ke luar negeri.

1. Ryuji Utomo (Penang FC)

Rumor pemain Persija Jakarta diminati klub luar negeri terbukti benar. Ryuji Utomo resmi direkrut klub promosi Liga Super Malaysia yakni Penang FA.

Pemain serba bisa itu akan dipinjamkan sampai Desember 2021. Macan Kemayoran melepas Ryuji dengan harapan sang pemain bisa tetap berkompetisi di tengah ketidakpastian Shopee Liga 1 2020.

"Proses kepindahan Ryuji ke Penang FC sudah rampung. Penang tertarik dengan jasa Ryuji karena memiliki kualitas yang sangat baik, serta mempunyai kepribadian yang bagus," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca dalam rilis klub.

"Kami yakin sepulangnya dari Penang, Ryuji akan semakin matang dan menjadi tembok kokoh bagi lini belakang Persija," ujarnya menambahkan.

Selain Ryuji, ada juga Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, hingga Rezaldi Hehanussa, yang digosipkan bakal tinggalkan Persija. Direktur Persija Ferry Paulus bahkan menyebut pemainnya yang diminati klub luar ada lebih banyak ketimbang rumor yang beredar.

Persija juga memilih opsi peminjaman buat klub-klub peminat para pemainnya. Hal itu karena mayoritas skuad Persija punya kontrak jangka panjang untuk berlaga di Shopee Liga 1.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com