Kronologi Raffi Ahmad Beli Cilegon United

Tim detikcom - Sepakbola
Kamis, 01 Apr 2021 14:05 WIB
Raffi Ahmad telah mengakuisisi Cilegon United. Kini klub Liga 2 itu berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.
Kronologi Raffi Ahmad Beli Cilegon United. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Raffi Ahmad sudah jadi pemilik klub sepakbola Cilegon United, yang kini juga punya nama baru. Berikut kronologinya.

Rumor seputar hal itu sudah berhembus selama beberapa waktu. Kian santer setelah akhir Maret lalu ada posting Raffi Ahmad di Instagram, saat ia pose bersama pengusaha Rudy Salim dan wakil direktur utama Garuda Indonesia, Dony Oskaria.

Saat itu mereka memegang sebuah map berwarna krem bertuliskan Cilegon United. "Mohon doanya. Bismillah," tulis Raffi Ahmad dalam posting di Instagram-nya itu.

Kode itu tak ayal bikin pegiat sepakbola Indonesia ramai berkomentar. Mereka menyemangati dan mendoakan yang terbaik buat Raffi Ahmad di persepakbolaan Indonesia.

Tak butuh waktu lama sampai kemudian Cilegon United memberikan pernyataan resmi. Ada CEO klub Yudhi Apriyanto yang mengonfirmasi masuknya Raffi Ahmad cs ke klub tersebut.

"Ya betul Raffi akan bergabung ke Cilegon United. Dia akan membantu Cilegon United untuk Liga 2 musim ini. Insyaallah akan ada opsi tambahan beberapa tahun. Saham Raffi juga akan masuk ke Cilegon United," ujar Yudhi menjelaskan.

Saat itu, Yudhi menambahkan, proses negoisasi masih berlangsung. Secara spesisik mengenai porsi saham kepemilikan di Cilegon United.

Dalam hitungan hari, tepatnya pada hari Rabu (31/3) kemarin, muncullah pernyataan klub. Cilegon United resmi diakuisisi oleh Rans Entertainment bersama Prestige Motorcars, per 31 Maret 2021. Di bawah naungan Rans Academy, Cilegon United kelak juga akan membentuk Akademi Sekolah Sepak Bola (SSB) Harapan.

Rans Entertainment adalah perusahaan milik Raffi bersama istrinya, Nagita Slavina. Sementara Prestige Motorcars merupakan perusahaan dealer supercar asal Jakarta Utara. Raffi Ahmad juga punya hubungan dengan perusahaan itu karena menggemari supercar.

"Ketika pihak dari Cilegon United FC memberi penawaran kepada Rans untuk membantu dan bekerjasama membesarkan nama tim, saya sebagai pecinta olahraga tertarik dan punya keinginan untuk membesarkan nama sepak bola Indonesia," kata Raffi dalam rilisnya.

"Prospek sepakbola Indonesia sangat menjanjikan ke depannya, untuk itu kami dengan bangga ingin memperkenalkan salah satu tim sepak bola nasional yaitu Rans Cilegon FC, dimana tim ini tidak hanya didukung oleh finansial yang baik, tetapi kami juga akan berusaha mendongkrak nama tim sepakbola tanah air dari berbagai aspek seperti strategi, publikasi, dan tim imi akan dijalankan dengan norma good corporate governance," kara Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim.

Cilegon United FC sendiri merupakan klub sepakbola kebanggaan warga kota Cilegon, Banten, yang berlaga di kompetisi Liga 2 Indonesia. Cilegon United FC saat ini bersaing di Liga 2 Zona Barat.

Seiring dengan masuknya Raffi Ahmad cs ke Cilegon United, klub itu juga bertransformasi menjadi RANS Cilegon FC.

Rencananya, klub itu akan boyongan dari Stadion Krakatau Steel, Banten untuk bermarkas di Stadion PTIK, Jakarta. Sementara sosok Hamka Hamzah, yang baru diumumkan cabut dari Persita Tangerang, juga ditunjuk sebagai manajer klub.

"Untuk homebase, itu masih kami diskusikan sampai saat ini. Dalam beberapa hari ke depan akan kami putuskan. Liga 2 nanti kan sistemnya home tournament. Kami masih mencari. Kemungkinan Rans Cilegon FC akan bermain di Stadion PTIK," kata Dewan Pengawas Rans Cilegon FC, Yudhi Apriyanto.

(krs/aff)